• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosok

Ipda Kuswanto Berbagi Kangen Ketupat Lebaran dan Kebanggaan Sebagai Polisi

7 June
12:04 2019
2 Votes (4)

KBRN, Jakarta : Bagi petugas keamanan, khususnya polisi, banyak sekali suka duka Idul Fitri atau Lebaran selama mereka bertugas dari tahun ke tahun. Bahkan mereka sampai tidak pernah berkumpul secara maksimal dengan keluarga saat pengamanan arus mudik sampai arus balik setiap tahunnya.

Kepala Unit Dikyasa Polres Subang, Ipda Kuswanto menuturkan sedikit suka duka selama bertugas, khususnya menangani arus mudik dan arus balik sejak ia pertama kali bertugas di kepolisian.

"Salah satunya tidak berkumpul secara maksimal dengan keluarga di rumah. Karena kami harus bertugas di lapangan untuk masyarakat," tutur Ipda Kuswanto saat ditemui RRI di Tol Cipali Subang, Jumat (7/6/2019) pagi tadi.

Akan tetapi, bagi Kuswanto, menjadi kebahagiaan tersendiri jika bisa melayani masyarakat sebaik-baiknya. Pengamanan, perlindungan, serta Pengayoman kepada masyarakat adalah tugas kepolisian, sehingga baginya, apabila ditanya suka duka, ini adalah suka buatnya.

"Rasa capek atau lelah saya seolah hilang seketika saat berhasil menjalankan tugas untuk masyarakat.," katanya menambahkan.

Namun begitu, ia tidak memungkiri, ada rasa yang sangat besar di hatinya mencicipi kebersamaan maksimal bersama keluarga di rumah. Akan tetapi, sekali lagi, keinginan hati itu seolah buyar seketika saat melihat masyarakat bisa jalan dengan aman, lancar, serta aman di jalan raya maupun dalam kegiatan mereka berlebaran.

"Selama operasi ketupat kami-kami ini tidak berkumpul maksimal dengan keluarga untuk berlebaran, dan itu terjadi rutin setiap tahun. Tapi nantinya, saat operasi selesai, kami diberikan kesempatan juga koq untuk berkumpul dengan keluarga. Jadi tidak ada masalah, dan saya bahagia dengan tugas dan tanggung jawab saya sebagai petugas. Banggsa sebagai seorang polisi," ucap Kuswanto.

Sebelum mengakhiri perbincangan, Kuswanto sempat menyelipkan rasa rindunya akan satu hal dalam suasana lebaran ini. Apa itu?

"Kangen makanan ketupat lebaran," katanya singkat sambil tertawa lebar.

Ketupat lebaran baginya memiliki kesan tersendiri di hati. Selain menjadi menu khas favorit masyarakat Indonesia saat lebaran, ketupat merupakan salah satu yang ditunggu Kuswanto jika Idul Fitri tiba.

"Tapi gak apa-apa yah, kalau ada kesempatan saat momen cuti usai operasi pengamanan, nanti saya minta dibuatin lagi ketupat sama opor ayam," imbuhnya.

Terakhir, himbauan Ipda Kuswanto kepada masyarakat berkaitan dengan arus balik Lebaran 2019 ini, bagi yang menggunakan kendaraan pribadi hendaknya mempersiapkan fisik sebaik mungkin sebelum berkendara.

"Karena sebagian besar kecelakaan lalu lintas disebabkan human error, atau kelelahan fisik dari pengemudi. Selain itu, harap diperhatikan kelengkapan dan kelayakan komponen kendaraan selalu dalam kondisi prima agar tercipta keamanan berkendara, kelancaran serta kenyamanan saat menempuh arus mudik maupun arus balik," tutup Ipda Kuswanto mengakhiri perbincangan dengan RRI. (Foto: Jorike Fitri)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00