• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Mitigasi Bencana

Hujan Dua Hari, Jalan Trans Seram Mulai Amblas

6 June
15:28 2019
1 Votes (5)

KBRN, Ambon : Hujan disertai angin kencang yang melanda wilayah Maluku dalam beberapa hari terakhir menyebabkan banjir dan tanah longsor di sejumlah lokasi. Selain sejumlah jembatan nyaris putus, hujan yang turun sejak kemarin sampai hari ini, Kamis (06/06/2019), menyebabkan beberapa titik di Jalan Trans Seram lintasan Masohi - Waipirit amblas.

Jalan amblas terjadi di Desa Wasia, perbatasan Kecamatan Elpaputih dan Amalatu Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB). Salah satu jembatan di sekitar desa tersebut, yakni Jembatan Waykaka, nyaris ambruk ke dalam sungai menyusul amblasnya jalan di sekitar jembatan tersebut.

Sementara itu, di Jalan SS Taman Nasional Manusela, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), beberapa ruas jalan di bagian tanjakan terlihat retak-retak dan patah, meski masih bisa dilalui kendaraan bermotor. Ancaman longsor juga mengancam jalan ini, karena sebelumnya tanah longsor telah  memutus sebagian badan jalan.

Jalan Trans Seram di Kecamatan Bula Barat Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) atau sekira kilometer 30 dari Kota Bula mengalami dampak yang cukup parah. Kawasan di sekitar jalan ini, berubah menjadi lautan air, sedangkan pada bagian jalan, air mengalir cukup deras hingga mengancam lalu lintas kendaraan bermotor.

Hujan yang turun selama beberapa hari juga menyebabkan beberapa lokasi padat huni di Kota Bula porak poranda di landa banjir bandang, seperti di Jalan Mupakat Waigondar dan Wailola Kecil. Banjir bandang merendam pemukiman warga dan menimbulkan kecemasan karena cuaca buruk diperkirakan masih berlangsung selama beberapa hari.

Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas ketika meninjau lokasi bencana Kamis pagi meminta instansi terkait melakukan upaya perbaikan terhadap saluran drainase yang tidak berfungsi. Bupati mengajak warga meningkatkab kewaspadaan menyusul belum membaiknya kondisi cuaca.

  • Tentang Penulis

    Abdullah Leurima

    Reporter RRI Bula peraih Anugerah Pesona Bahari Indonesia 2016 (best of the best) dari Menteri Pariwisata RI

  • Tentang Editor

    Azis Zulkarnaen

    Editor RRI Bandung

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00