• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Jelang Idul Fitri 1440 H Pedagang Ketupat Kebanjiran Pesanan

3 June
20:34 2019
0 Votes (0)

RRI, Banjarmasin : Untuk sebagian besar masyarakat Banjarmasin, Kalimantan Selatan, perayaan Idul Fitri tidak lengkap jika tidak menyantap ketupat dan lontong, tak heran jika penjualan ketupat dan lontong khas Banjarmasin laku keras menjelang hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah, seperti di kawasan Sungai Baru Banjarmasin yang terkenal dengan Kampung Ketupat.

Para pedagang mengaku mulai kebanjiran orderan, Amin salah satu pedagang ketupat dan lontong, mengaku  penjualan ketupat lebaran meningkat 50 %, harganya pun mengalami kenaikan dari hari biasanya yakni satu biji ketupat dan lontong naik Rp 2000 rupiah dari Rp 3.000 menjadi Rp 5.000.

“Setiap tahun nya menjelang lebaran penjualan  memang cenderung meingkat, untuk saat ini sudah 50 %, harga jualnya pun naik dari hari biasanya,” kata Amin, Senin (3/6/2019).

Sementara itu salah satu pembeli ketupat riski warga banjarmasin, mengungkapkan setiap tahun nya saat Lebaran  sudah jadi tradisi untuk menyantap makanan berbahan ketupat seperti soto banjar.

“Saya beli ketupat karena sudah jadi tradisi satiap tahun nya di hari raya Idul Fitri,” ujarnya.

Warga Kelurahan Sungai Baru memang dikenal memiliki keterampilan membuat hingga berdagang ketupat dan lontong siap santap, ketupat lontong buatan Sungai Baru banyak diminati karena memiliki rasa khas, biasanya ketupat dan lontong dihidangkan bersama soto banjar atau sate.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00