• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

LIPI Temukan Spesies Baru Keong darat di Pulau Jawa

31 May
13:01 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Indonesia kembali menambah daftar panjang keanekaragaman hayati. Peneliti Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Ayu Savitri Nurinsiyah bersama Marco Neiber dan Bernhard Hausdorf (Centrum für Naturkunde /CeNak, Universität Hamburg, Jerman) berhasil menemukan spesies baru keong darat.

Penemuan tersebut dipublikasikan dalam “Revision of the land snail genus Landouria Godwin-Austen, 1918 (Gastropoda, Camaenidae) from Java“ yang diterbitkan oleh European Journal of Taxonomy edisi Mei 2019.

Keenambelas spesies tersebut diantaranya adalah  Landouria parahyangensis yang dinamakan berdasarkan area sebaran spesies tersebut yaitu di tanah Sunda (Parahyangan). Sementara Landouria petrukensis diberi nama Petruk karena hanya ditemukan di kawasan gua Petruk, Kebumen.

“Sedangkan Landouria abdidalem terinspirasi dari  abdi dalem Keraton Yogyakarta di mana spesies tersebut ditemukan di provinsi Yogyakarta,” ujar Ayu. 

Selain itu, juga berhasil ditemukan spesies baru cecak dari genus yang belum pernah ada di Jawa. Satu spesies baru cecak batu secara resmi dicatatkan pada lembaran daftar spesies Indonesia pada tanggal 17 Mei 2019 di jurnal ilmiah ZOOTAXA edisi 4608.

Berdasarkan catatan ilmiah, distribusi cicak marga Cnemaspis di Indonesia hanya sampai di daerah gunung Rajabasa, Lampung; Kalimantan Barat serta pulau kecil di selat Karimata. “Setelah melalui kajian morfologis dan filogenik, tim mendapatan kesimpulan bahwa cecak batu dari gunung Muria tersebut merupakan spesies baru,” ujar Awal Riyanto dari Pusat Penelitian Biologi LIPI. (Rel)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00