• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Catatan Ramadhan

Yuk, Intip Suasana Ramadhan di Amerika Serikat

28 May
13:37 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Bulan suci ramadhan, menjadi bulan yang paling ditunggu oleh umat muslim di seluruh dunia, tak terkecuali di Amerika Serikat. Meskipun jumlah umat muslim di Negeri Paman Sam ini hanya sekitar 1 persen. 

Dari kisah yang diceritakan Kepala Konsulat Jenderal Amerika Serikat untuk Surabaya, Andrew Kelly, masyarakat muslim Amerika Serikat, menurutnya sama dengan umat muslim di Indonesia ketika menyambut ramadhan. 

"Bulan ramadhan adalah bulan yang penting untuk orang yang beragama Islam. Untuk masyarakat muslim di Indonesia, tapi juga untuk masyarakat muslim di Amerika Serikat," ujarnya, Selasa (28/5/2019).

Andrew berbagi pengalaman dan menceritakan suasana ramadhan di Amerika Serikat, dihadapan ratusan mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), melalui dialog santai.

"Ramadhan di Amerika, mirip dengan ramadhan di Indonesia," katanya. 

Kemiripan yang dimaksud Andrew adalah, ada sahur, kemudian juga buka puasa. Di Amerika, juga menyelenggarakan acara buka bersama, sebagaimana yang juga dilakukan umat Muslim di Indonesia. 

"Mereka buka puasa, termasuk buka puasa bersama, dengan teman teman dari agama lain," imbuhnya. 

Diceritakan Andrew juga, ada tradisi berbeda yang dilakukan oleh umat muslim di Amerika Serikat, saat melaksanakan buka puasa bersama. Mengingat agama Islam merupakan minoritas, justru buka puasa bersama dilakukan dengan teman beda agama. 

Andrew mengakui, di Amerika Serikat, berbuka puasa bersama, tidak hanya dilakukan oleh masyarakat muslim. Bahkan masing masing agama yang ada disana, juga menyelenggarakan kegiatan buka bersama. 

"Di Amerika Serikat, yang menjadi tuan rumah untuk buka puasa bersama, Masjid yang menjadi tuan rumah buka puasa, tempat ibadah Yahudi, Gereja Katolik, Kristen, tempat ibadah Hindu, Budha, campur campur," ceritanya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00