• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Lebaran Bersama RRI

Kemenkes dan BNN Pantau Pilot dari Penggunaan Narkotika dan Alkohol

26 May
13:47 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Bahaya menggunaan narkotika, contohnya jenis sabu yang diklaim para penggunanya sebagai penambah stamina saat bekerja bukan saja marak di kalangan artis dan anak muda, akan tetapi mulai merambah ke pilot pesawat udara.

"Mungkin sudah pernah dengar pilot menggunakan narkoba ya, nah ini harus dilakukan check up tapi secara random atau acak," ujar Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek saat meninjau fasilitas kesehatan pada momen mudik lebaran di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (26/5/2019).

Pemeriksaan secara acak atau random ini dinilai sangat berguna agar memang tidak ada yang menyadari bahwa mereka akan kena periksa mengenai penggunaan narkotika, khususnya pilot dan co-pilot pesawat terbang. Akan tetapi, Menkes Nila menegaskan, pemeriksaan tekanan dara dan alkohol itu rutin dikerjakan.

"Cek narkotika itu random dan cek tekanan darah serta alkohol rutin dikerjakan. Ini masalah tanggung jawab sebagai pilot dan co-pilot yang membawa terbang penumpang. Ini tanggung jawab mereka terhadap penumpang. Jika sampai ada ditemukan (indikasi atau positif), yang ida tidak laik terbang dong, jangan dong, jangan ijinkan terbang," tegas Menkes Nila kepada RRI.

Oleh karena itu menurutnya, semua pihak harus berkoordinasi, terutama Kementerian Kesehatan RI dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk selalu melakukan pemeriksaan terhadap pilot maupun co-pilot. 

Namun sejauh ini, kata dia, memang belum ditemukan indikasi atau hasil pemeriksaan positif pilot atau co-pilot menggunakan narkotika maupun alkohol. Tapi semua harus waspada agar tidak kecolongan demi para penumpang. (Foto : Jorike Fitria)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00