• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Internasional

Bom Lyon, Polisi Buru Pria Misterius Tertangkap CCTV

25 May
23:26 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Menindaklanjuti insiden bom di Toko Roti Brioche Doree, kawasan pedestrian Presqu'ile, Lyon, Prancis, kemarin malam, pihak berwenang telah menggelar penyelidikan anti-teror. Walau tidak ada korban jiwa, tapi tujuh korban luka-luka telah membuat kepolisian tegas mengambil tindakan.

Menurut otoritas setempat, para korban sudah ada yang diperbolehkan pulang, namun sebagian masih ditahan pihak rumah sakit untuk penanganan intensif.

Kantor jaksa penuntut setempat mengatakan, bom parsel adalah penyebab ledakan yang diduga terjadi pada pukul 5.30 sore waktu setempat.

Seperti dilansir Independent, media Prancis mengutip Denis Broliquier, walikota distrik kedua Lyon, yang mengatakan bahwa kamera CCTV menangkap gambar seorang pria misterius menaruh sebuah koper di lokasi tersebut sebelum terjadi ledakan.

Gambar buram seorang pria di atas sepeda disiarkan oleh BFMTV dan CNEWS, dengan kedua saluran televisi mengklaim pria di foto itu adalah tersangka.

Broliquier mengatakan, dirinya tiba di tempat kejadian beberapa menit setelah ledakan. Sehingga, ia melihat secara langsung bagaimana jendela di toko roti tersebut hancur lebur dan melukai orang-orang yang ada di sekitarnya.

“Melukai orang-orang yang berjarak satu, dua atau tiga meter. Tapi kulkas milik toko tidak rusak, yang berarti ledakan berkekuatan rendah. Ini bukan kiamat, tidak ada bahaya," kata Broliquier, Sabtu (25/5/2019).

Pada bagian lain, seorang saksi mata, Jean-Pierre, penduduk yang tinggal di dekat toko roti mengatakan kepada BFMTV, bahwa suara ledakan itu cukup memekakkan telinga, namun dinding rumahnya tidak bergetar.

"Jendela hancur, tapi ledakan tidak meninggalkan puing di jalanan," sebutnya.

Kawasan pedestrian Presqu'ile, adalah pusat kota antara sungai Rhone dan Saone yang mengalir melalui kota terbesar ketiga di Prancis. Kota ini sebentar lagi akan menjadi tempat penyelenggaraan Piala Dunia sepakbola pada 7 Juni 2019 mendatang.

Lyon akan menjadi tuan rumah semifinal dan final 7 Juli.

Oleh karena itu, Menteri Dalam Negeri Prancis, Christophe Castaner mengatakan dalam sebuah tweet bahwa ia telah menginstruksikan kepada otoritas keamanan Lyon untuk memperkuat keamanan fasilitas publik, acara olahraga, budaya dan keagamaan. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00