• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Hadapi Gugatan MK, KPU Akan Koordinasi Perwakilan di Provinsi

25 May
21:11 2019
0 Votes (0)

KBRN,  Jakarta : Komisi Pemilihan Umum (KPU) menegaskan posisinya dalam sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di MK berkedudukan sebagai termohon.

Komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan, dengan kedudukannya tersebut, mau tidak mau pihaknya harus siap menghadapi permohonan gugatan BPN Prabowo-Sandi selaku Pemohon yang sudah mengajukan diri ke MK. 

“Hal ini sekaligus untuk mempertanggungjawabkan apa yang telah dikerjakan selama ini oleh KPU,” kata Pramono di Jakarta, Sabtu (25/5/2019).

Adapun untuk mennyusun jawaban atas gugatan pemohon, KPU mengaku telah mempersiapan dua hal. Pertama, KPU akan mempelajari pokok-pokok permohonan Pemohon.

“Ini untuk memastikan di mana locus persoalan dan apa substansi yang dimohonkan. Kedua, KPU akan mengkoordinasikan seluruh KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota dalam menyusun jawaban atas pokok-pokok permohonan,” jelasnya.

Ia menegaskan, KPU ingin memastikan bahwa perwakilannya Provinsi dan KPU Kab/Kota dapat menguraikan jawaban secara jelas baik dari sisi data kuantitatif maupun uraian kronologis.

“Dengan demikian forum persidangan di MK akan kami maksimalkan untuk membantah dalil-dalil yang diajukan Pemohon, serta mematahkan tuduhan bahwa KPU telah melakukan berbagai kecurangan selama proses tahapan pemilu,” tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00