• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Mantan Komisoner Komnas HAM Minta Masyarakat Hormati Proses Pemilu

25 May
18:55 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Mantan Komisioner Komnas HAM periode 2002-2017 memberikan pernyataan sikap terhadap kasus kerusuhan di Jakarta pada 21 dan 22 Mei 2019. 

10 orang mantan Komnas HAM menyatakan bela sungkawa kepada seluruh korban meninggal dan luka-luka pada insiden massa aksi yang menuntut keadilan pasca ditetapkannya hasil pengumuman rekapitulasi Pilpres 2019. 

Mereka menilai hasil pemilihan umum haruslah dimaknai sebagai wujud kehendak rakyat (the people has spoken) yang tidak dapat dibatalkan di luar cara yang telah diatur oleh Konstitusi dan peraturan perundan-undangan.

Mantan Komisioner Komnas HAM periode 2012 - 2017, Siti Noor Laila menghimbau masyarakat Indonesia sebaiknya bisa  bersikap dewasa dan bijaksana dalam menerima dan memilah informasi,  serta tidak terprovokasi oleh berbagai infomasi palsu dan menghormati pilihan rakyat melalui proses pemilu. 

"Masyarakat Indonesia hendaknya bersikap dewasa dan bijaksana dalam menerima dan memilah informasi serta tidak terprovokasi oleh berbagai infomasi  palsu atau pun provokasi lainnya serta berkewajiban menjaga tegaknya demokrasi dengan menghormati pilihan rakyat melalui proses pemilu," ucap Siti Noor Laila dalam acara konferensi pers Pemilu Sebagai Wujud Kedaulatan Rakyat di Kawasan SCBD, Jakarta, Sabtu (25/5/2019).

Pihaknya juga turut mengapresiasi jajaran Polri/TNI yang bertugas mengamankan tersangka dugaan kericuhan. 

Menurutnya, pihak Kepolisian RI  harus menjamin ketertiban dan keamanan demi pemenuhan hak atas rasa aman bagi seluruh rakyat Indonesia berdasarkan hukum yang berlaku.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00