• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pasar Aceh Terbakar, Sumber Api Berasal Dari Toko Emas

25 May
13:57 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh : Peristiwa kebakaran terjadi di kawasan pasar Aceh yang berada di Gampong Baru, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Sabtu (25/5/2019) sekira pukul 10.50 WIB.

Api yang tiba-tiba muncul dari bangunan lantai dua itu sempat membuat panik para pedagang dan pengunjung pasar Aceh. Diketahui, api bersumber dari sebuah toko emas Mega jalan Tgk. Chik Pante Kulu No. 82 milik Acin (56) tahun.

Menurut keterangan saksi bernama Arbian (22) yang dihimpun oleh petugas pemadam kebakaran menyebutkan, kebakaran terjadi di sebuah ruangan dapur pengolahan emas di lantai dua. Kejadian ini berawal dari tumpahnya minyak di samping kompor pembakaran sehingga api menyala hebat dan membakar barang-barang di ruangan tersebut.

Melihat kobaran api membesar, kemudian saksi berteriak memanggil Dedi umur 30 tahun anak dari pemilik toko yang berada di lantai satu untuk memberitahukan kejadian tersebut.

Kemudian api berhasil dipadamkan oleh pemilik toko dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR). Namun untuk memastikan api benar-benar padam, pemilik toko kemudian menghubungi pemadam kebakaran.  

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP)  Kota Banda Aceh M. Nurdin mengatakan, pihaknya mengetahui kejadian tersebut langsung mengerahkan petugas dan unit armada pemadam kebakaran ke lokasi kejadian.

“Petugas piket bergerak mengerahkan armada pemadam pos Peulangi dan armada pos Keudah tiba pada pukul 10.55 wib. Setibanya armada di lokasi petugas tetap melakukan pengecekan agar benar-benar aman dan kondusif,” kata Nurdin.

Dalam proses pemadaman turut dibantu oleh PLN, Polsek Baiturahman di back up Polresta Banda Aceh dan Koramil dan warga sekitar dalam pengamanan di lokasi kejadian.

Kasi Pembinaan dan Pengembangan Tenaga Pemadam Kebakaran Yudi menyebutkan, akibat peristiwa ini, satu orang dilaporkan mengalami luka bakar di kaki dan saat ini sudah mendapatkan perawatan di rumah sakit.

"Update perkembangan kebakaran jln. Tgk. Chik Pante Kulu terdapat korban luka ringan terbakar di kaki namun telah dilarikan ke Rumah Sakit. Untuk data korban akan diinfokan selanjutnya," kata Yudi. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00