• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Melihat Pembuatan Lemang, Takjil Favorit Setiap Ramadhan di Pontianak

25 May
13:16 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pontianak : Hampir 20 tahun sudah Herman warga Gg. Selamet 1, Sungai Jawi Pontianak menggeluti pembuatan kue lemang. Kue Lemang terbuat dari ketan, santan dan bumbu rempah, proses pembuatannya tidak semudah yang dibayangkan.

Diawali proses penyiapan bahan baku, buluh hingga memasukkan daun pisang ke dalam buluh menghabiskan waktu 5 jam untuk 170 batang lemang yang siap dibakar. Proses memasak atau dengan dibakar memerlukan waktu 2 jam. Selama proses membakar itu Herman bersama rekannya harus berhadapan dengan asap maupun debu yang cukup mengganggu mata maupun pernapasan, namun hal itu sepertinya sudah menjadi hal biasa. Sesekali terlihat pekerja memutar mutar setiap batang buluh, tujuannya agar batang lemang tidak gosong terbakar. 

Menurut Herman lemang yang sudah masak dilihat pada atas batang buluh yang keluar minyak. Setiap hari selama Ramadhan Herman memproduksi hampir 170 batang lemang yang selanjutnya dijual ke beberapa kawasan di Kota Pontianak yang juga dibantu sanak keluarga. 

“Nanti kita bisa lihat kalau sudah masak diatasnya itu akan keluar minyak, setiap harinya kita bisa buat minimal 140 batang kue lemang” katanya kepada RRI, Sabtu (25/05/2019)

Sementara menurut Zaini yang juga membantu Herman memproduksi Lemang, kue ini menjadi adat maupun tradisi selama bulan Ramadhan yang sebenarnya harus dikembangkan misalnya dengan meningkatkan jumlah produksi lemang agar bisa di jual ke luar Pontianak maupun mancanegara. Maka perlu campur tangan pemerintah mendukung strategi produksi maupun pemasaran yang berimbas bagi kemajuan ekonomi masyarakat

“Lemang adalah makanan khas selama ramadhan, mengapa tidak dikembangkan agar lebih meluas pemasarannya maupun bagaimana pengelolaannya agar lebih baik,” ujarnya.

Yang cukup menarik rasa kue lemang juga dipengaruhi bagaimana proses masak atau membakarnya, jika tidak teliti saat memutar batang lemang maka bisa gosong di sisi yang tidak merata.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00