• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Internasional

Dunia Geger, Taiwan Negara Asia Pertama Legalkan Pernikahan Sejenis

24 May
23:05 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Taiwan menjadi perbincangan dunia setelah menjadi yang pertama di Asia mengizinkan pernikahan sejenis secara resmi, yang dianggap sebagai pencapaian penting bagi hak-hak LGBT, Jumat (24/5/2019).

Sejak pekan lalu, legislatif negara kepulauan di dekat daratan China ini menggelar voting untuk mengakui pernikahan sejenis, yang diikuti dengan keputusan pengadilan yang menyatakan bahwa pelarangan pasangan sesama jenis untuk menikah adalah melanggar konstitusi Taiwan.

Seperti dilansir Washington Post, setelah keputusan tersebut, ratusan pasangan sejenis melangsungkan pernikahan di kantor Pendaftaran Rumah Tangga Distrik Shinyi Taipei.

Momen ratusan pasangan sesama jenis bertukar sumpah, seperti dilansir Time, seolah menjadi magnet wartawan dari berbagai media baik cetak, elektronik, maupun online.

"Orang-orang gay Taiwan telah melalui jalan yang sulit," ucap Shane Lin, pria yang menikah dengan sesamanya, Marc Yuan, dalam konferensi pers pasca-pernikahan, seperti dilansir Inkstone News, yang menyalin video dari ETtoday. 

"Hari ini saya dapat secara terbuka memberi tahu semua orang, di depan begitu banyak orang, bahwa kami akan menikah dan kami gay," sambung Lin.

Berita legalisasi pernikahan sejenis terus bergema ke seluruh dunia. Bahkan host kondang Amerika Serikat, Ellen DeGeneres, yang juga menikah dengan pasangan sejenis (lesbian), membagikan reaksinya lewat akun Twitter resminya @TheEllenShow.

"Taiwan is now the first Asian country to allow marriage equality. Let’s celebrate every step in the right direction" tulis DeGeneres.

Chi Chia-Wei, seorang aktivis yang selama 30 tahun berjuang menegakkan hak-hak kaum gay Taiwan mengatakan, apa yang ditunjukkan pemerintah Taiwan merupakan sebuah kemajuan.

“Kemajuan itu baik. Lebih banyak kemajuan bahkan lebih baik,” ujar ChiChia-Wei, seperti dilansir New York Times.

Sementara itu, BBC menulis bahwa pernikahan gay Taiwan adalah untuk merayakan kesetaraan. Terlebih menjadi negara pertama di Asia yang melegalkan pernikahan sejenis, menjadi sangat istimewa.

Pada bagian lain, tak mau ketinggalan, Reuters melansir juga, bahwa melihat pasangan sejenis dalam satu ikatan resmi merupakan kumpulan adegan emosional di Taiwan pekan ini. Dan ini merupakan tanda kemenangan dari para aktivis revolusi sosial di sana.

Menurut data yang didapat Reuters, lebih dari 360 pasangan sesama jenis menikah pada Jumat, 24 Mei 2019.

"Saya sangat bangga dengan negara saya, Taiwan," kata pasangan gay Shane Lin (31) sambil menangis. S

Namun begitu, Bloomberg News juga melansir, pada hari yang sama, Pengadilan Tinggi Kenya, Afrika, menyatakan bahwa secara hukum, hubungan sesama jenis dianggap sebagai sebuah kejahatan.

Geger legalisasi pernikahan sejenis oleh pemerintah Taiwan memang menjadi angin segar bagi kaun LGBT di sana, namun hal itu diyakini bakal mempersulit upaya Presiden Taiwan, Tsai Ing-Wen, untuk terpilih lagi pada 2020.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00