• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kilas Bola

PSMS Menang 4-1 Atas Tim Pra PON Sumut

24 May
20:45 2019
0 Votes (0)

KBRN, Medan: PSMS Medan kembali menuai hasil positif pada rangkaian laga uji coba tim sebagai persiapan di kompetisi Liga 2 Indonesia. Menghadapi tim Pra PON Sumut di Stadion Mini Universitas Sumatera Utara (USU) Jumat (25/5/2019) sore, tim ayam Kinantan menang dengan skor 4-1.

Empat gol kemenangan PSMS tercipta melalui Bayu Tri Sanjaya pada menit ke -1, kemudian Eki Fauzi menit ke -19. Ilham Fathoni menit ke - 55, dan Aldino Herdianto menit ke -68. Sementara gol semata wayang Pra PON diciptakan Doni pada menit ke -27.

Usai laga pelatih kepala PSMS Medan Abdurrahman Gurning memuji penyelesaian akhir atau finishing pemain, yang menunjukkan peningkatan ketimbang di laga sebelumnya. Namun Pelatih berlisensi A AFC ini masih menyoroti masih kurang padunya pemain belakang, terbukti tim kembali kebobolan.

“Tapi di bawah bisa terjadi penalti dan seharusnya tidak terjadi penalti kalau lini belakang lebih sabar di bawah. Terlihat juga buru – buru. Meski memang saya intruksikan cepat untuk matikan bola lawan untuk merebut kembali. Harusnya setelah mereka menguasai bola, di bawah delay dulu. Kita kebobolan itu tentu fatal,” ucap Gurning.

Gurning juga belum puas dengan lawan yang dihadapi kali ini karena anak asuhnya sepanjang laga masih kurang mendapat tekanan bahkan praktis tidak ada peluang yang berbahaya dari gawang Bayu dan Reza. “Belum teruji lah mereka. Beda sama kalau lawan sama PS AD ada lebih ngepress,” akui Gurning. 

Secara individu, Gurning juga mengevaluasi sejumlah pemain yang tampil di bawah performa terbaik dari laga sebelumnya. Seperti Yudha yang tampil di luar ekspektasi. Termasuk wing kiri serang Eki tampil tidak begitu ngotot di laga tersebut. Di satu sisi, Gurning kembali memuji penampilan Bayu Tri Sanjaya yang kembali mencetak gol setelah laga melawan PS AD gagal. 

“Di bawah performa Yudha Rizki dari kebiasaan dia. Eki kurang greget juga. Kalau yang lainnya normal. Saya nilai Kiper Reza tangkapan sangat bagus. Kita lihat lagi nanti abis lawan Tobasa FC. Kita turunkan lawan Tobasa, dan kalau mantap langsung kita daftarkan. Saya lihat daripada Guntur, masih bagus Bayu. Kita lihat nanti Senin lah bagaimana kejelasan Reza. Kita usulkan kalo bisa cepat agar tidak diambil orang,” harap Gurning.

Menghadapi TobasaFC pada Sabtu (25/5/2019) sore di Stadion Mini Kebun Bunga, Gurning target kembali tercipta gol sebanyak – banyaknya, termasuk jangan sampai kebobolan kembali.

“Rotasi tetap tapi, tapi sejak awal laga bakal pemain yang sama saya turunkan. Tapi, kalo kelelahan kita bakal tarik cepat. Setelah itu kita juga bakal lawan tim Kostrad AD yang dihuni pemain profesional seperti Rizki, Fiwi Dwipan, serta Wilyando. 

Meski kalah dengan skor cukup telak, namun pelatih pra PON Sumut Suharto AD laga tersebut cukup memberikan manfaat anak asuhnya untuk menambah pengalaman bertanding. Meski secara permainan pelatih berkepala plontos itu menyoroti tingkat rasa kepercayaan diri pemain dan fokus terhadap taktik bertahan maupun menyerang.

“Jelasnya ini menambah pengalaman anak - anak bahwasannya mereka masih belum mampu melihat nama besar. Permainan mereka terlihat kurang percaya diri dan tidak seperti yang tidak kita harapkan selama ini. Ini menurun jauh. Terutama press cover. Mungkin masih banyak pemain masih muda dan perlu pengalaman dan masih perlu pembenahan lagi sebelum Pra PON dimulai,” ucap Suharto AD.

Termasuk intruksi tim pelatih sebelum laga yang mengingatkan agar fokus terutama pada defence tidak berjalan efektif. "Target kita saat latihan ya masalah di defense. Ternyata mereka masih belum memahami compact defence, kolektif defence dan lain- lain. Tapi, sedikitnya mereka sudah mulai memahami. Tapi paling penting adalah memahami karakter cara kita bermain,” kata pria yang akrab disapa Harto ini.

PSMS Medan kembali dijadualkan menjalani ujicoba menghadapi Tobasa FC di Stadion Mini Kebun Bunga, Medan pada Sabtu (26/5/2019) sore. Serta uji coba terakhir menghadapi pemain dari tim Kostrad pada 29 Mei mendatang. (Joko Saputra)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00