• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Mahfud MD : Sengketa Politik, MK Bisa Ubah Suara Paslon Atau Perkuat Keputusan KPU

24 May
19:33 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Guru Besar FH-UII Yogyakarta, sekaligus mantan Ketua Mahkamah (MK) Konstitusi Mahfud MD mengatakan, dirinya bersyukur Paslon 02 Prabowo-Sandi mau menempuh jalur hukum ke MK untuk menggugat keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang diklaim curang. 

Menurut Mahfud, jalur hukum lewat MK sangat elegan dilakukan untuk menyelesaikan sengketa pemilu. Nantinya tinggal mengadu bukti-bukti saja untuk menentukan hasil akhir.

Hal tersebut dicuitkan Mahfud lewat akun Twitter resminya, @mohmahfudmd, sekitar satu jam yang lalu, seperti dilihat RRI, Jumat (24/5/2019). Berikut cuitan Mahfud MD :

"Syukurlah, Paslon 02 Prabowo-Sandi menempuh jalur hukum ke MK untuk menggugat keputusan KPU yang dianggap curang. Memang, hanya jalur hukum ke MK yang paling elegan untuk menyelesaikan sengketa itu. Di MK itu semua pihak bisa mengadu bukti untuk menentujan siapa yang menang dalam Pilpres 2019".

Selanjutnya, Mahfud juga mengatakan melalui akun Twitter-nya, bahwa melalui MK, nantinya bisa menjernihkan dua masalah besar, pertama adalah soal kesalahan penetapan jumlah perolehan suara. Kedua, soal kecurangan dalam pelaksanaan.

Untuk kesalahan jumlah suara bisa dibuktikan melalui adu dokumen seperti form C1, Plano, dan lainnya. Dalam hal ini, MK bisa mengubah perolehan suara masing-masing Paslon, atau malah menguatkan keputusan KPU.

Berikut cuitan Mahfud mengenai hal ini :

"Di MK nanti ada 2 mslh yg bsm dijernihkan: 1) Kesalahan penetapan jumlah perolehan suara; 2) Kecurangan dlm pelaksanaan. Utk kesalahan jumlah suara pembuktiannya bs dgn adu dokumen spt form C1, Plano dll. MK bisa mengubah perolehan suara masing2 Paslon, bs jg menguatkan kptsn KPU".

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00