• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Jokowi dan Habibie Sepakat Urusan Persatuan Tidak Bisa Ditawar

24 May
17:02 2019
0 Votes (0)

KBRN,  Jakarta : Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden ketiga RI BJ Habibie di Istana Merdeka,  Jakarta, Jum'at (24/05/2019).

Usai pertemuan,  BJ Habibie menyampaikan ucapan selamat serta memberikan dukungan atas pemerintahan Jokowi di periode selanjutnya. 

"Saya mengucapkan selamat pada Pak Presiden, Insya Allah bisa melanjutkan program sesuai rencana dan kita semua mendukung supaya terlaksana," kata Habibie.

Presiden ketiga RI ini menegaskan bahwa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia serta stabilitas proses pemerataan dan masa depan bangsa tidak dapat ditawar.

"Itu harga mati, siapa saja yang memimpin dan sedang memimpin, tidak hanya memimpin yang memilihnya saja tapi seluruh bangsa Indonesia. Apa kita harus ambil risiko yang menghambat pembangunan?" ungkap Habibie.

Iapun memastikan anggapan sejumlah pihak yang menyamakan kondisi Indonesia seperti era reformasi tahun 1998 adalah tidak benar. 

"Its not true," tegasnya. 

Sementara itu,  Presiden Joko Widodo mengamini pernyataan yang disampaikan Habibie. 

" Ya tadi kan sudah jelas sekali disampaikan oleh Pak Habibie, bahwa urusan persatuan itu sudah tidak ada tawar menawar lagi, saya kira saya tadi saya sepakat," kata Jokowi 

Kepala Negarapun menyatakan terbuka bagi siapa pun untuk menjalin kerja sama.

 "Dan juga sudah saya sampaikan kan berkali-kali, saya terbuka untuk siapa pun bersama-sama bekerja sama untuk memajukan negara ini, untuk membangun negara ini, siapa pun," ujar Jokowi.

Jokowi dan Habibie terakhir kali bertemu pada Agustus 2018. Saat itu, Jokowi menjenguk Habibie yang sedang dirawat di RSPAD Gatot Subroto seusai melakukan kegiatan di berbagai kota di Indonesia. Pada Januari 2019, Jokowi juga melakukan video conference dengan Habibie yang saat itu tengah menjalani pengobatan di Jerman.

Sementara itu beberapa hari yang lalu,  Habibie juga memberikan pesan kebangsaan mengenai hasil pemilihan umum lewat tayangan video yang disiarkan The Habibie Center. Dalam tayangan itu, Habibie berpesan agar ketidakpuasan atas hasil Pemilu diselesaikan lewat jalur konstitusional

Untuk diketahui,  pertemuan Jokowi dengan BJ Habibie merupakan serangkaian pertemuan Jokowi dengan para mantan kepala negara RI sebelumnya.

Pada tanggal 21 Mei 2019 lalu, Presiden Jokowi bertemu dengan Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno dan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.

Pertemuan itu dilangsungkan beberapa jam usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan hasil Pemilu 2019 yang diikuti dengan beberapa kerusuhan di pusat kota. () 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00