• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

LIPI Bersiap Masukkan Kebun Raya Bogor Sebagai Situs Warisan Dunia Unesco

23 May
15:25 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bogor : Kebun Raya Bogor mempunyai berbagai potensi untuk masuk dalam warisan Dunia oleh Lembaga PBB Unesco.

Untuk itu, maka Kebun Raya Bogor Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia berupaya menata diri untuk masuk ke dalam  warisan dunia yang saat ini sudah masuk dalam daftar sementara Situs Warisan Dunia Unseco.

Plt Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI, R. Herdian mengatakan, saat ini usia Kebun Raya Bogor sudah memasuki lebih 200 tahun dengan koleksi tanaman yang sudah berusia ratusan tahun. Bahkan, usia Kebun Raya Bogor bisa lebih lama jika terdapat literatur yang menyebutkan keberadaan sudah ada sejak zaman Kerajaan Pajajaran dengan nama Hutan Samida

“Saat ini Kebun Raya Bogor dan LIPI terus mencari sejumlah data dan fakta untuk memperkuat keberadaan Hutan Samida yang sudah ribuan tahun itu dari sejarawan dan budayawan. Kalau data itu ada maka Kebun Raya Bogor akan menjadi kebun raya tertua di dunia,” ujarnya, Kamis (23/5/2019).

Menurutnya, upaya penelusuran sejarah itu penting untuk jejak peradaban Bangsa Indonesia yang sudah mempunyai Kebun Raya sejak jaman Kerajaan, dengan hutan yang tertata di tengah Kota Bogor.

Sementara itu Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI Enny Sudarmonowati mengungkapkan dukungannya untuk menjadikan Kebun Raya Bogor sebagai warisan dunia sehingga persiapan administrasi bisa terealisasi.

“Kami mendukung untuk Kebun Raya Bogor masuk dalam Warisan Dunia dari Unesco bahkan bila perlu kami telusuri literatur keberadaan Hutan Samida sampai ke Belanda,” ungkapnya.

Peningkatan infrastruktur penelitian untuk menemukan spiess baru tumbuhan dan tanaman langka di seluruh Indonesia menjadi lebih optimal untuk pelestarian keaneka ragaman hayati di Indonesia.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00