• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Ini Besaran Zakat Fitrah di Bener Meriah, Aceh

23 May
13:18 2019
0 Votes (0)

KBRN, Redelong: Pembahasan besaran zakat fitrah mulai dilakukan Kantor Kementerian Agama dengan melibatkan sejumlah instansi dan organisasi kemasyarakatan.

Untuk Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh, pembahasan mengenai besaran zakat fitrah tahun 1440 hijriah telah selesai dan mendapatkan hasil.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah Saidi Bentara menyampaikan besaran zakat fitrah dibagi kedalam tiga kelas.

Besaran pertama adalah Rp 45 ribu, kelas kedua Rp 42 ribu dan kelas ketiga Rp 39 ribu untuk setiap jiwa yang akan menunaikan zakat fitrah.

Diakui, jumlah atau besaran rupiah tersebut berbeda jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Zakat fitrah pada prinsipnya dikeluarkan dalam bentuk makanan pokok (beras) sebanyak satu sha’ perjiwa atau ketentuan tersebut setara dengan 2,8 kg atau 3,1 liter atau 10 muk susu tambah satu genggam beras yang dikonsumsi.

Sedangkan zakat fitrah berdasar mazhab Hanafi dapat dikeluarkan dalam bentuk harga atau uang. Besaran 3,8 kg per jiwa atau menyesuaikan harga beras yang dikonsumsi.

“Tahun lalu dikisaran 30 ribuan. Ini kaitannya begini, kita menyesuaikan dengan pemahaman-pemahaman mazhab. Jadi berdasarkan keputusan yang kita lakukan bersama dengan MPU, dan Dinas terkait, kita ingin meluruskan, nah itu kajiannya sedikit memberi pemahaman pada masyarakat," kata Saidi, Kamis (23/5/2019).

"Kalau kita lihat sebelumnya yang dikonversi  selain dari beras ke uang, itu cuman mazhab Hanafi yang membolehkan. Sebelumnya ini kita langsung aja. 2,8 kilogram itu langsung kita konversi ke uang. Nah sementara kita pakek pendapat para imamnya itu kita tampilkan, salah satu mazhab Hanafi yang membolehkan di konversi selain makanan pokok itulah Hanafi, maka keluar nilai 3,8 kilogram, maka itu besaran zakat kita,” jelasnya. 

Dengan sudah ditetapkan besaran zakat fitrah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah Saidi Bentara mengajak masyarakat untuk segera menunaikannya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00