• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Mendes PDTT Ungkap Bahwa Tahun Depan Dana Desa Akan Ditingkatkan

23 May
04:01 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo, menilai bahwa dana desa dianggap cukup berhasil maka pada tahun depan dana desa akan ditingkatkan dari 257 Triliun menjadi 400 Triliun, hampir dua kali lipat.

"Saya minta partisipasi dari semua pihak termasuk media untuk membantu menyosialisasikan jika ada penyelewengan dan juga jika ada keberhasilan dari dana desa. Sehingga keberhasilan ini bisa ditiru," ujar Eko kepada wartawan di kantornya, Rabu (22/5/2019).

lanjut Eko,  lima tahun ke depan penggunaan dana desa lebih banyak kepada pembangunan SDM dan pemberdayaan ekonomi. misalnya, sambung dia, bisa dipergunakan untuk membangun desa wisata, BUMDes dan lainnya.

"Kalau yang kemarin kan untuk pembangunan infrastruktur," tambahnya.

Dijelaskan Eko, saat ini kementeriannya terus mengadakan pelatihan-pelatihan melalui program bursa inovasi desa ataupun pelatihan yang mengirimkan kepala desa atau kepala BUMDes terpilih ke luar negeri, rencananya akan kirim 1.000 orang ke luar negeri. "Kemarin sudah kirim 40 orang," terangnya.

Jumlah besaran dana desa itu, kata Eko akan tetap pakai rumus 70% dibagi rata, kemudian 25% ditambahkan jumlah penduduk, tingkat kemiskinan, dan tingkat kesulitan geografis kemudian sisanya untuk desa terpencil. Jadi, kisarannya antara 800 sampai 6 miliar perdesa.

"Tahap pertama saya dengar sudah hampir 100%, tahap kedua belum saya cek karena mungkin agak terlambat akibat Pemilu tapi sekarang mudah-mudahan sudah bisa berjalan lagi. Mungkin karena banyak kepala desa yang menjadi KPPS," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00