• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

KPK Minta Keterangan Menag Lukman Hakim

22 May
17:30 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Komisi Pemberantasan Korupsi  (KPK) meminta keterangan Menteri  Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin terkait penyelidikan soal penyelenggaraan haji.

“Jadi bukan penyelidikan yang terpisah yaitu terkait dengan pengisian jabatan tapi ini penyelelidikan yang terpisah yaitu terkait dengan penyelenggaraan haji. Penyelenggaraan haji tentu yang berada atau diselenggarakan saat Menteri  Agama yang jadi saksi hari ini masih menjabat,” kata Juru Bicara KPK Febri  Diansyah Rabu (22/5/2019).

Febri menambahkan jika penyelenggaraan haji menjadi salah satu fokus KPK, dikarenakan sebelumnya ditemukan penyimpangan dalam perkara tersebut.

“Kami cukup banyak memiliki temuan-temuan baik dibidang pencegahan ataupun tindakan terkait dengan penyimpangan dalam penyelenggaraan haji tersebut. Apakah terkait dengan misalnya penginapan atau proses-proses yang lainnya. Jadi kami harap kalau yang menjadi rekomendasi di pencegahan agar itu segera ditindak lanjuti lebih tapi kalau dalam proses penindakan untuk akan berjalan secara pararel berdasarkan bukti yang ada,” tambah Febri.

Namun untuk informasi detail terkait penyelidikan yang saat ini ditangani KPK, Febri pun tidak memberikan informasi secara jelas.

“Tapi saya tidak bisa menyampaikan lebih spesifik misalnya penyelenggaraan haji tahun berapa dan terkait dengan bagian apa, yang perlu kami sampaikan adalah KPK sudah pernah menangani kasus korupsi haji ini dan menjerat Menteri Agama Sebelumnya dan berapa pihak yang lain,” lanjut Febri.

Usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Menteri Agama Lukman Hakim pun irit berbicara sambil berjalan cepat menuju ke mobil.

“Mohon maaf saya puasa, saya sudah ditunggu, mohon maaf sekali” kata Lukman saat keluar dari gedung KPK.

Selain dalam perkara ini penyidik KPK juga sebelumya telah memanggil Lukman untuk proses penyidikan kasus lainnya dalam perkara suap seleksi jabatan dilingkungan Kemenag.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00