• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Terjawab Alasan Polisi Cegah Ikut Demo 22 Mei

22 May
13:43 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Akhirnya terjawab, alasan Kepolisian intensif gelar sweeping dan pencegahan warga Jawa Timur, agar tidak berangkat ke Jakarta, untuk mengikuti aksi 22 Mei. 

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera menjelaskan, apa yang dilakukan oleh Polda Jatim sejak tanggal 18 hingga 22 Mei 2019, demi memberi keamanan masyarakat. 

"Semata mata, adalah situasionil yang kita khawatirkan, yang terjadi semalam di Jakarta," jelasnya, Rabu (22/5/2019).

Terbukti, sejak semalam hingga hari ini, terjadi kerusuhan yang dilakukan oleh peserta aksi. Tampak dari siaran langsung TV nasional, terlihat lempar lemparan benda yang diduga batu oleh peserta, yang diarahkan kepada petugas. 

"Bukti di Jakarta, adalah bukti yang sudah kita temukan, sebagai indikasi, bahwa akan terjadi seperti itu (kerusuhan, red)," imbuhnya. 

Melihat situasi yang terjadi tersebut, untuk itulah jauh jauh hari, Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan menginstruksikan agar warga Jatim tidak ikut terlibat pada aksi 22 Mei, semata demi keamanan mereka sendiri. 

"Inilah mengapa kita melakukan razia, menghalangi, bahkan memulangkan semua, 1700 (orang) ya sampai sekarang, warga Jawa Timur yang akan ke Jakarta," ujarnya. 

Bahkan, Barung menyebut, jika aksi demo yang berujung kerusuhan tersebut sudah diseting, oleh pihak pihak tertentu, yang saat ini sedang dalam penyelidikan Mabes Polri dan Polda Metro Jaya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00