• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Peluncuran BADAS Warnai Peringatan Hari Kearsipan Nasional Ke-48 di Buleleng

22 May
00:41 2019
1 Votes (5)

KBRN, Singaraja : Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng tandai peringatan Hari Kearsipan Nasional ke-48 tahun 2019 dengan peluncuran Bank Data Arsip Statis (BADAS), Selasa (21/5/2019) di Hotel Banyualit Lovina.

Bank data arsip statis atau Badas seperti diungkapkan Kadis Arsip dan Perpustakaan Daerah, dr Made Sukarmini, merupakan sebuah layanan media berbasis informasi teknologi dan inovasi terbaru dari Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Buleleng untuk menyemarakkan dunia pariwisata Buleleng. Dengan harapan dapat meningkatkan kunjungan dan menjadikan Buleleng sebagai daerah tujuan wisata dunia.

Inovasi terbaru Badas yang dibentuk Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah diapresiasi Kepala Arsip Nasional RI (ANRI) Dr Mustari Irawan, MPA. Menurutnya melalui Badas nantinya diharapkan mampu meningkatkan fungsi dan peranan arsip, terlebih Badas dikaitkan dengan pariwisata dan kedepannya agar dikawal dengan baik.

“Kita tahu bahwa Bali khususnya di Kabupaten Buleleng ini banyak memiliki kekayaan-kekayaan pariwisata yang harus diangkat, harus diketahui masyarakat secara luas secara nasional maupun internasional. Jadi penggunaan IT ini akan lebih mempercepat pengelolaan dan juga penyebarluasan informasi yang terkait dengan pariwisata ini,” ungkapnya.

ANRI selain memberikan dukungan penuh terhadap pembentukan Badas juga tahun depan akan membangun Kantor Depo Arsip di Buleleng. Hal ini pun disambut antusias Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana.

“Ini sebuah langkah yang sangat baik tentu dengan adanya Badas bisa memberikan kontribusi dalam kepariwisataan, karena mereka banyak yang ingin tahu tentang Buleleng, mereka punya data arsip yang lengkap, yang datanya jelas dan komprehensif secara menyeluruh di Kabupaten Buleleng,” ungkapnya.

Bupati Agus Suradnyana menambahkan, Kantor Depo Arsip yang akan dibangun di Bali Utara memanfaatkan bagian lahan yang ada di Kantor Lurah Banyuning dengan ketentuan 22 are untuk Kantor Depo Arsip dan 10 are untuk Kantor Lurah Banyuning.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan hadiah bagi para pemenang lomba kearsipan antar desa/kelurahan dan OPD, serta penghargaan kepada pihak yang berperan dalam pembentukan Badas dan penyerahan hasil pengawasan kearsipan internal OPD kecamatan se-Kabupaten Buleleng.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00