• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Antisipasi Razia Polisi, Ratusan Peserta People Power ke Jakarta Naik Transportasi Umum

21 May
20:45 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta : Ratusan peserta dari Solo nekat berangkat ke Jakarta untuk mengikuti aksi 22 Mei 2019. Kendati sudah diimbau agar tidak berangkat mengikuti aksi di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat mereka tetap berangkat.

Bahkan massa berangkat dengan naik kereta api dan angkutan bus umum untuk menghindari razia petugas polisi. Humas Laskar Umat Islam Surakarta (LUIS), Endro Sudarsono mengatakan massa yang terdiri dari berbagai elemen Muslim di Solo Raya itu mulai berangkat ke Jakarta sejak tiga hari lalu. 

"Mereka ke Jakarta tidak menggunakan bus rombongan, tapi naik angkutan umum tujuan Jakarta. Ada yang naik kereta dan bus umum. Yang berangkat dengan angkutan umum itu jumlahnya ratusan orang," kata Hendro saat dikonfirmasi, Selasa, (21/5/2019).

Endro mengungkapkan dipilihnya menggunakan angkutan umum karena untuk menghindari razia kendaraan yang dilakukan oleh petugas keamanan. Pasalnya, berdasarkan pengalaman sebelumnya ketika menggunakan bus rombongan selalu dirazia di sejumlah titik.

"Apalagi di Jawa Timur ada yang dirazia terus dipulangkan. Kita tidak ingin kejadian serupa, jadi dipilihlah angkutan umum," sambungnya.

Meski demikian, dikatakan ia tidak memungkiri jika ada sejumlah rombongan peserta yang berangkat dengan menggunakan kendaraan pribadi. Mereka berangkat dari Solo pada hari Senin kemarin. "Hingga saat ini belum ada keluhan terkait razia, mobil-mobil pribadi itu berangkat melalui jalan tol," ucapnya.

Sesampainya di Jakarta, menurut Endro, rombongan yang berasal dari Solo akan berkumpul sambil menunggu arahan dari panitia di Jakarta terkait lokasi aksi yang akan dituju.

"Tinggal nanti panitia yang ada di sana akan menggelar aksi di Bundaran HI atau di KPU atau di mana lihat kondisi dan situasi di Jakarta," ucapnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00