• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

UPI Didapuk Menjadi Kampus Percontohan Tertib Lalu Lintas Oleh Polda Jabar

21 May
00:30 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung didaulat menjadi kampus tertib lalu lintas oleh Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat. Pencanangan tersebut dilakukan di Taman Bareti, Kampus UPI, Jalan DR Setiabudi, Kota Bandung, Senin (20/5/2019).

Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Rudy Sufahriadi melalui Dirlantas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Mohamad Aris menjelaskan, kampus tertib lalu lintas adalah program Polri. Menurutnya, UPI dinilai telah berhasil dalam menerapkan kampus yang nyaman dan aman untuk pengendara. 

"Jadi contoh juga bagi kampus lain untuk menerapkan program serupa. Selain menjadikan kampus terstruktur dan aman serta nyaman, juga menanamkan budaya tertib lalu lintas bagi seluruh civitas akademika dimanapun," ucap Aris. 

Kata Aris, Polda Jabar menyambut baik tindakan nyata UPI Bandung dalam rangka menjaga keamanan dan kenyaman lalu lintas di area kampus. Bukti itu dilihat dari nilai-nilai kepatuhan seperti penataan area parkir kampus, menyediakan angkutan khusus, menerapkan rambu lalu lintas, menata trotoar dan menerapkan sistem parkir yang baik yakni arah muka kendaraan menghadap ke ruas jalan.

"Ini menjadi titik awal menuju kebaikan. Semoga budaya tertib lalu lintas ini bisa menekan angka kecelakaan," tuturnya.

Aris berpesan, budaya kampus tertib lalu lintas ini kedepannya harus bisa di jaga dan dirawat serta menjadi contoh yang baik untuk tingkat nasional atau internasional.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UPI, Asep Kadarohman mengatakan, menjadikan kampus tertib lalu lintas butuh waktu yang panjang. Dengan komitment dan kesadaran, seluruh civitas akademika secara perlahan belajar tertib berlalu lintas di area kampus.

"Kurang lebih enam tahun kami menerapkan budaya tertib lalu lintas ini," jelas Asep.

Menurutnya, dalam kurun waktu tersebut kesadaran seluruh civitas akademika terhadap lalu lintas terus mengalami perkembangan. Bahkan, saat ini sudah meningkat kesadarannya dimana semula hanya pengingatan, pembiasaan dan sekarang sudah tahap kesadaran.

"Kesadaran tertib lalu lintas ini sudah tertanam dan akan menjadi budaya di kampus (UPI). Semoga seluruh civitas akademika bisa memberi dampak positif untuk masyarakat luas agar tertib lalu lintas dimana mereka beraktivitas," tutup Asep. 

Sementara itu, Wakil Rektor UPI Bidang Keuangan, SDM dan Administrasi Umum UPI Bandung, Edi Suryadi menceritakan, sebetulnya pihak kampus tidak tahu menahu ihwal bagaimana UPI ditetapkan menjadi kampus tertib lalu lintas oleh Polda Jabar.

"Kita sendiri tidak tahu kriteria penilaian yang dilakukan," imbuhnya.

Namun, kata Edi, selama ini UPI memang konsen menata sedemikian rupa area kampus termasuk mengajak civitas akademika tertib lalu lintas. Pasalnya, ribuan kendaraan setiap hari lalu lalang sementara lahan yang tersedia memang terbatas.

"Ada ribuan motor di kampus, jika dibiarkan lalu lintas bisa krodit. Makanya sejak enam tahun terakhir kami berupaya menciptakan kampus yang aman dan nyaman," paparnya.

Edi melanjutkan, penataan yang dimaksud seperti penyediaan area parkir yang nyaman dan aman, sistem keluar masuk kendaraan dibenahi, lalu lintas di area kampus di atur dan lainnya. Selain itu, sambung Edi, penertiban anak SMP atau SMA yang masuk area kampus menggunakan sepeda motor padahal belum punya SIM.

"Di kampus ada laboratorium untuk anak SMP dan SMA. Terkadang mereka bawa motor, tanpa SIM, nah hal seperti itu juga kita tertibkan.

Alhamdulillah sekarang kelihatan hasilnya, seluruh civitas akademika UPI tertib lalu lintas dan semoga bisa berdampak positif untuk masyrakat luas," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00