• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Dinkes Ternate Monev Peningkatkan Penanganan Penyakit TB dan HIV/AIDS

20 May
23:07 2019
0 Votes (0)

KBRN, Ternate : Upaya untuk meningkatkan Penanganan Penyakit Tuberkulosis atau TB serta HIV/AID di Kota Ternate terus dilakukan, sebab Penyakit ini hingga saat ini masih menjadi msalah yang harus disikapi dan ditangani serius.

Sampai saat ini di Kota Ternate kedua penyakit ini terus meningkat dan harus menjadi perhatian serius Dinas Kesehatan Kota Ternate.

Untuk menyikapi masalah tersebut Senin (20/5/2019) Dinas Kesehatan Kota Ternate melaksanakan Pertemuan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pokja TB-HIV yang diikuti oleh Pimpinan Puskesmas dan Lintas Sektor Terkait di Aula Dinas Kesehatan Kota Ternate.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate dr. Fathiyah Suma kepada RRI usai membuka Monev mengatakan, penyakit Tuberkulosis atau TB dan aids hingga kini masih menjadi masalah yang harus disikapi dan ditangani dengan benar, sebab untuk penyakit TB di Indonesia masih berada di peringkat ketiga di dunia. Oleh karna itu harus dilakukan penanganan yang benar terhadap kedua penyakit tersebut sehingga dapat teratasi dan akan menurun.

”Penyakit TB masih menjadi ancaman bagi Kesehatan, sebab penyebab kematian ke-9 di dunia  dan penyebab utama agen infeksi tunggal dengan peringkat diatas HIV/AIDS,” Ungkap dr. Fathiyah Suma.

Dukungan kebijakan dari tahun ke tahun terhadap penyakit TB dan HIV kata dr. Fathiyah Suma terus meningkat, baik itu dari APBN maupun APBD Kota Ternate yang juga disanding dengan APBD Provinsi Maluku Utara dalam penanganan kedua penyakit tersebut.

Dengan demikian Dinas Kesehatan Kota Ternate akan tetap memberikan perhatian serius untuk penangan kedua kasus ternate.

Dalam Monev yang berlangsung sehari itu dengan pemateri Kabid P2PL Hafid Sadri Banda dan Kasi P2 Herlina dari Dinas Kesehatan Kota Ternate.

Dalam Pertemuan Monev Pojka TB-HIV tahun 2019 yang berlangsung alot karena mendapat tanggapan dan masukan itu berhasil melahirkan sejumlah kesepakatan untuk meningkatkan penanganan terhadap penyakit TB dan HIV di Kota Ternate.

Hasil ini akan dibuat rekomendasi untuk penanganan Penyakit TB-HIV di Tahun 2019 di Kota Ternate.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00