• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Tiga BUMN Manjakan 7,2 Juta PNS dan Pensiunan

20 May
17:07 2019
1 Votes (5)

KBRN, Denpasar : Empat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjalin sinergi berupa penandatanganan perjanjian kerja sama dan nota kesepahaman. Kempat perusahaan plat merah itu meliputi PT. Pegadaian (Persero), PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT. Perkebunan Nusantara III (PTPN III) (Persero), serta PT. Tabungan dan Asuransi Pensiun (Taspen) (Persero).

Dari Memorandum of Understanding (MoU) tersebut, tiga BUMN bersepakat untuk memberikan pelayanan prima bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS), dan pensiunan.

Direktur Operasi PT. Taspen (Persero), Ermanza R. Ayoeb kepada wartawan menyampaikan, kerjasama yang pihaknya galang bersama Pegadaian, dan Garuda untuk memberikan kemanfaatan bagi para PNS, dan pensiunan.

"Dimana para PNS maupun pensiunan, apabila ada ingin bertransaksi dengan Pegadaian tentunya akan mendapatkan spesial diskon dari Pegadaian. Dan apabila ada dari PNS ataupun pensiunan yang ingin menabung emas, ini mungkin biayanya bisa dibebaskan oleh Pegadaian, sehingga kemanfaatan kepada PNS dan pensiunan, dengan menunjukkan kartu identitas kepesertaannya," katanya, di The Gade Coffee and Gold Denpasar, Senin (20/5/2019).

"Dengan nilai ini tentunya kita harapkan, kita ingin mengharapkan PNS ataupun pensiunan itu betul-betul mendapatkan kemudahan dari seluruh bentuk layanan. Kami bekerjasama dengan Pegadaian, kita juga bekerjasama dengan Garuda. Kalau Garuda setiap ada PNS ataupun pensiunan terbang menggunakan Garuda menjadi peserta, juga akan mendapatkan semacam reward," sambungnya.

Ditanya besaran manfaat, Emanza mengaku persentasenya sesuai kebijakan dari masing-masing penyedia jasa. Yang pasti pemerintah melalui Kementerian BUMN dikatakan selalu berkeinginan para PNS, dan pensiunan mendapatkan pelayanan terbaik. Oleh karena itu, pihaknya berharap nota kesepahaman bersama ini dapat diimplementasikan dalam jangka panjang.

"Jadi kita harapkan ini kontrak jangka panjang, bukan jangka pendek, karena ini kan menyangkut kemanfaatan bagi para PNS. PNS itu jumlahnya 4,5 juta, dan pensiunan itu 2,7 juta. Jadi ada 7,2 juta. Potensi pasar yang bisa dimanfaatkan oleh Pegadaian maupun dari Garuda," tukasnya.

Direktur Jaringan Operasi dan Penjualan Pegadaian (Persero), Damar Latri Setiawan pada kesempatan yang sama menjabarkan, sinergi empat BUMN itu lebih pada perluasan produk, dan kerjasama sesuai dengan kanal distribusinya masing-masing.

"Jadi PTPN punya banyak kanal, kemudian di Taspen banyak kanalnya, kami juga banyak kanalnya, untuk menjual produk-produk kami sehingga sinergi ini bisa menghasilkan kerjasama yang baik. Jadi Pegadaian dengan produk-produknya yang banyak, bisa dijual mulai di Garuda, bisa di Taspen, bisa di PTPN. Jadi saling menguntungkan," paparnya.

"Taspen pun dengan sendirinya, dengan menjual Pegadaian, dia sebagai agen bisa, di PTPN juga begitu. Jadi ada tambahan fee yang diterima dari masing-masing BUMN ini untuk sebagai agen daripada penjualan dari Pegadaian ini," lanjut Damar Latri Setiawan.

Sementara Direktur Pemasaran PTPN III, I Kadek K. Laksana berpandangan, banyak hal bisa diejawantahkan dari perjanjian kerjasama dan nota kesepahaman empat BUMN ini. Seperti contoh PTPN III yang bisa memperluas cakupan pemasaran produk teh dan kopi ke PT. Pegadaian (Persero) melalui The Gade Coffee and Gold. Sedangkan timbal balik yang didapatkan PT. Pegadaian (Persero) yaitu mobilisasi pegawai PTPN III untuk mengikuti program tabungan emas.

"Kami adalah BUMN penghasil kopi, teh satu-satunya di Indonesia, BUMN. Dan selama ini banyak produk kami, kami banyak ekspor. Kebetulan sekarang Pegadaian punya strategi pemasaran untuk mencari konsumen dengan cara melalui kafe, kami akan dukung sepenuhnya, kita bekerjasama, produk-produk kami akan, hadir digunakan oleh Pegadaian didalam proses pemasaran itu," bebernya.

"Dan kami memberi imbal balik kepada Pegadaian, bahwa produk emas dari Pegadaian juga akan digunakan oleh karyawan-karyawan kami yang jumlahnya hampir 100.000 orang. Disitu manfaat yang akan kita dapatkan," tutup Kadek Laksana.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00