• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

Untan Pontianak Siap Perbaiki Peringkat Nasional Maupun Internasional

20 May
16:27 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pontianak : Jika dilihat dari beberapa sisi, satu diantaranya tata kelola Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak sudah mendapatkan nilai terbaik di tingkat universitas.

Dengan keberhasilan tentu saja tidak boleh berpuas diri sampai disitu, tetapi harus terus berusaha untuk memperbaiki peringkat, baik di tingkat nasional maupun peringkat-peringkat yang dilakukan oleh lembaga-lembaga Internasional. Selain itu keberhasilan tersebut juga harus diikuti kesiapsiagaan lulusan Untan untuk berkompetisi di dunia kerja maupun dunia usaha.

“Saya kira untuk lulusan kita, profile lulusan kita yang selama ini bisa kita tresher, rasa-rasanya kalau untuk Kalbar saja kita sudah melihat bagaimana beberapa jabatan, baik di Pemerintahan maupun yang berusaha sendiri”, jelasnya Rektor Untan Pontianak, Profesor DR. Garuda Wiko seusai memimpin Sidang Terbuka Senat Universitas Tanjungpura Dalam Rangka Dies Natalis Ke-60 Untan Pontianak, Senin (20/5/2019).

Apalagi belakangan ini Untan terus menanamkan soft skill jiwa entrepreneurship, dengan harapan lulusan Untan tidak hanya semata ingin menjadi PNS tetapi menciptakan pekerjaan dan bekerja sendiri dengan berbagai peluang yang ada terutama di masa revolusi industry saat ini yang semuanya sudah berjalan secara digital.

Sementara untuk meningkatkan akreditasi di beberapa Proghram Studi (Prodi) di Untan, Garuda Wiko menyatakan banyak yang harus dikerjakan , terutama dari sisi tata kelola bagaimana Untan menyelenggarakan proses  pendidikan secara berkualitas dan by system.

Menurut Rektor Untan ada sekitar 8 standart pendidikan yang harus dipenuhi yang melibatkan semua, tidak hanya dosen, pejabat structural tetapi juga peran mahasiswa dan alumni yang kesemuanya diukur secara naratif, kualitatif amupun kuantitatif.

“Prodi yang terakreditasi A di Untan Pontianak terdapat 7 Prodi, yaitu Ilmu Hukum, Ekonomi Pembangunan, Teknik Sipil, Ilmu Administratsi Publik, Ilmu Sosiatri, Kimia dan Biologi. Sedangkan terakreditasi B sebanyak 74 prodi dan terakreditasi C sebanyak 13 prodi. “Bahkan April 2019 Untan Pontianak telahmendapatkan akreditasi institusi dan memperoleh peringkat A”, pungkasnya. (Hermanta).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00