• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Setelah Mendarat Darurat, Dua Jet Tempur Prancis Masih Tertahan di Lanud SIM Aceh

20 May
10:55 2019
1 Votes (4)

KBRN, Aceh Besar : Hingga hari ini, Senin (20/5/2019) dua jet tempur Dasul Rafal milik angkatan laut Prancis masih berada di Pangkalan Udara (Lanud) Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar, Provinsi Aceh. 

Sebelumnya ada tujuh jet tempur angkatan laut Prancis melakukan pendaratan darurat di Lanud SIM Aceh pada Sabtu (18/5/2019) pada pukul 11.45 WIB. Namun lima diantaranya telah kembali ke kapal induk Charles De Gaule yang berada di Samudera Hindia dekat dengan perairan Indonesia. 

Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Penerbang Hendroendro Arief mengatakan, kedua pesawat yang masih berada di Lanud SIM ini diketahui sedang mengalami kerusakan mesin sehingga sedang menunggu proses perbaikan oleh teknisi yang langsung dibawa dari kapal induk. 

"Ada dua pesawat yang rusak, jadi harus dibawa teknisinya dari kapal induk didatangkan langsung ke Lanud SIM untuk proses perbaikan," kata Hendro. 

Pada sebelumnya, 4 pesawat pada Sabtu (18/5/2019) sore sudah kembali ke kapal induk, dan pada Minggu (19/5/2019) siang juga telah kembali satu pesawat  setelah menjalani proses pemeriksaan oleh TNI Angkatan udara di Lanud Sultan Iskandar Muda Aceh. 

Diketahui pesawat tempur tersebut sedang melaksanakan misi latihan dengan rute ulang alik udara ke kapal induk Charles De Gaule yang menjadi base pesawat tersebut. Posisi kapal induk ini diketahui berada di wilayah samudera hindia di zona ekonomi ekslusif atau 118 mil dari barat laut Sumatera yang berdekatan dengan Meulaboh, Aceh Barat. 

Pesawat ini mendarat darurat karena terkena cuaca buruk. Hasil pemeriksaan fisik pesawat diketahui 7 pilot pesawat ini tidak membawa senjata perorangan, hanya di salah satu pesawat dengan nomor 39 terdapat peluru kedali.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00