• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Harkitnas, Gubernur Jatim: Ayo Bangkit dari Kemiskinan dan Kebodohan

20 May
10:26 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Momentum Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 111 tahun 2019, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bangkit, sebagaimana tema tahun ini 'Bangkit Untuk Bersatu'. 

Kebangkitan yang dimaksud Khofifah adalah bangkit dari kemiskinan, dari kebodohan, dari ketertinggalan, serta bangkit dari perpecahan. Jadi, kata Khofifah, rumusnya kebangkitan ini, berkaitan dengan kemajuan, keunggulan daya saing.

"Ayo sekarang yang kita perangi adalah kemiskinan, yang kita perangi ketertinggalan, yang kita perangi kebodohan, yang kita perangi adalah, kemungkinan potensi potensi disintegrasi," katanya usai memimpin upacara Harkitnas di Grahadi Surabaya, Senin (20/5/2019).

Khofifah mengajak seluruh masyarakat Jatim, merajut kembali, membangun dan memompa semangat, untuk bersama sama menurunkan angka kemiskinan, membangun perepatan penyejahteraan masyarakat, kemudian peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). 

"Pendidikan kita jangan tertinggal, jangan bodoh. Artinya kita harus memberikan vocational tranning, bagaimana kalau tenaga kerja juga skillaber, bagaimana anak anak mereka kalau kurang mampu ya dapat kartu Indonesia Pintar," paparnya. 

Gubernur juga mengajak seluruh masyarakat Jatim untuk bersatu, menghargai perbedaan, mengingat pasca Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Khofifah menghimbau, agar perbedaan bisa menjadi rahmat. 

"Jangan kemudian menjadi potensi disintegrasi, ini kebersamaan yang sudah teruji, terasah sekian lama, menjadi penguat kita, untuk meneguhkan. Jawa Timur sebagai Provinsi besar, yang sumpah palapanya ini menjadi referensi," pesannya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00