• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Peringati Harkitnas, Pakar: Indonesia Harus Punya Pemerintahan yang Bersih

20 May
10:21 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Pakar pemerintahan Universitas Islam Malang (Unisma), Mas Ud Said mengatakan, kebangkitan nasional dahulu berisi kesepatakan konstitusional agar pemerintahan kita bersih, transparan dan produktif.

"Sekarang harus memastikan orang yang punya integritas dan bersih secara profesional agar bisa membangkitkan Indonesia," jelasnya dalam wawancara bersama Pro 3 RRI, Senin (20/5/2019).

Menurutnya menata kelola pemerintahan Indonesia ada empat yang harus dilakukan. Hal tersebut harus dilakukan agar Indonesia dapat mempunyai pemerintah yang bersih.

Ia menyampaikan yang pertama, Indonesia akan baik jika mempunyai pemerintah yang profesional.

"Pemerintah baik apabila kita dipimpin yang profesional. Tidak lebih tidak kurang pemilu pilkada itu adalah media konstitusional untuk memproduktif produksi orang-orang yang memiliki visi yang baik," ujarnya.

Kedua menurutnya Indonesia harus mempunyai sumber keuangan yang besar.

"Pemerintah yang bagus itu kalau mereka memiliki sumber keuangan yang besar terus naik tapi pembelanjaannya itu secara konstitusional di atur dalam pengaturan pembelanjaan," imbuhnya.

Ketiga, lanjutnya, Indonesia harus memiliki inovasi untuk meyakinkan rakyatnya agar tidak ada percepatan pembangunan.

"Inovasi amerika memiliki inovasi untuk meyakinkan rakyat mereka agar tidak ada percepatan pembangunan, jepang juga korsel dan singapura mereka terus menerus melakukan inovasi pemerintahan," katanya.

Terakhir ia menyampaikan Indonesia harus melakukan pengambilan keputusan mengacu kepada kebutuhan rakyat yang sesungguhnya.

"Jangan membangun A padahal masyarakat butuh C dan D, jangan membangun B padahal masyarakat menginginkan F dan G," tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00