• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Perayaan Waisak di Banyuwangi Diawali Kirab Pradaksina

19 May
12:54 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banyuwangi : Minggu pagi (18/5/2019) ratusan umat Budha di Kecamatan Gambiran Banyuwangi bergegas menuju Vihara, untuk merayakan Tri Suci 2563 / 2019. Setelah sampai di Vihara mereka berjajar rapi, dan melaksanakan kirab Pradaksina, yakni mengelilingi vihara, begitu sampai umat Budha duduk berjajar rapi dan memanjatkan puja puji dalam sembahyangan Waisak.

Dalam peringatan, hari Tri Suci Waisak yang mengingatkan pada tiga peristiwa suci dalam kehidupan Buddha Gautama, yaitu kelahiran, pencapaian pencerahan sempurna, dan kemangkatan Sang Buddha, ratusan umat Budha yang sembahyang di Vihara Dharma Mukti terlihat kusuk dan kihmad    

Pandita Vihara Dharma Mukti, Kecamatan Gambiran, Mardianto, Minggu (18/5/2019) mengatakan, perayaan Tri Suci Waisak di Vihara Dharma Mukti dilaksnakan mulai pukul 05.30 WIB, dimana umat berjalan kaki sambil pembacaan puja bakti, dari pesanggrahan menuju Vihara sejauh 200 meter, sambil mengarak patung Budha.

"setelah umat melakukan kirab, kemudian mereka mebacakan puja-puji Waisak, dan dilanjutkan dengan saling bersalaman dan memaafkan sesama umat," ungkap Mardianto.     

Baca Juga : Peringatan Waisak 2563, Menpan RB Ingatkan Membangun Bangsa dengan Keragaman Agama

Mardianto menambahkan, sesuai dengan ajaran sang Budha, seluruh umat diharapkan bisa menjaga ucapan, perbuatan dan tindakannya, agar selalu instropkesi dan saling menghormati agar tercipta kerukunan dan kebahagian.

"Tema Waisak tahun ini adalah mencintai kehidupan berbudaya penjaga persatuan, sehingga tema itu bisa dilaksanakan untuk menjaga, persaudaraan yang selama ini sudah terjalin dengan baik," tambah Margianto.    

Sebelum perayan Waisak, selama sebulan umat Budah melakukan penghayatan Dharma, dan melakukan berbagai hal, salah satunya melepaskan ikan ke sungai, yang biasa disebut dengan Fengsen yakni ritual pelepasan satwa ke alam bebas, yang merupakan simbul penyelamatan mahluk hidup.   

Perayaan Waisak di Banyuwangi, paling meriah dilaksanakan di Kecamatan Gambiran, karena ada ribuan penduduk yang berada di Desa Yosomulyo, Jajag dan Wringin Agung, memeluk ajaran Budha, sehingga ketika masuk dua desa tersebut, banyak ornamen Waisak yang berjajar disisi kiri dan kanan jalan desa.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00