• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Jajanan Berbuka Puasa di Takengon Diperiksa, Ini Hasilnya

18 May
19:46 2019
0 Votes (0)

KBRN, Takengon : Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tengah bekerja sama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) setempat, melakukan pemeriksanaan terhadap jananan berbuka puasa di Pasar Bale Atu, Takengon, Sabtu (18/5/2019).

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tengah Jayusman mengatakan, pihaknya fokus melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah zat berbahaya yang sering ditemukan pada makanan maupun minuman seperti boraks, formalin, rhodamin B dan methalyn yellow.

Dijelaskan, dari 43 sampel yang telah menjalani pemeriksanaan di mobil laboratorium keliling milik BPOM, seluruhnya dinyatakan negatif atau tidak ada satu pun yang terindikasi mengandung zat yang tergolong berbahaya bagi tubuh tersebut.

“Hasil monitoring kita pada sore hari ini, dari 43 sampel semuanya Alhamdulilah negatif, mudah-mudahan ini dapat terus menjadi contoh, agar para pedagang tidak menjual makanan dan minuman, yang berbahaya bagi konsumen,” katanya.

Jayusman menambahkan, sebelumnya pada Sabtu pagi pemeriksanaan serupa juga dilakukan terhadap makanan dan minuman yang dijual pada toko-toko swalayan maupun grosir di seputaran kota Takengon.

“Tadi pagi kita mengamankan sejumlah barang, karena ada yang kadaluwarsa, ada juga produk yang tidak memiliki izin untuk beredar di Indonesia, kemudian juga ada makanan industri rumahan yang tidak ada label atau merek,” sebutnya.

Dalam pemeriksaan ini selain Dinas Kesehatan dan BPOM, juga melibatkan sejumlah pihak terkait diantaranya Satpol PP dan WH, Disperidagkop dan ESDM, Dinas Pertanian, Diskominfo serta Dinas Pengan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00