• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

BI Imbau Masyarakat Tukar Uang di Tempat Penukaran Resmi

18 May
19:35 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Sudah menjadi tradisi, menjelang Idul Fitri, animo masyarakat untuk menukar uang sangat tinggi. Untuk itu, Bank Indonesia (BI)  mengimbau masyarakat untuk menukar uang di tempat-tempat penukaran resmi, baik yang diselenggarakan oleh BI, perbankan maupun pihak lain yang ditunjuk oleh BI.

“Ini untuk menjaga kenyamanan dan keamanan penukaran uang. Masyarakat juga diingatkan untuk selalu berhati-hati dalam bertransaksi menggunakan uang, harus tahu CIKUR atau Ciri-Ciri Keaslian Uang Rupiah dengan melakukan 3D, Dilihat, Diraba dan Diterawang,” jelas Deputi Gubenur BI Rosmaya Hadi di Jakarta pekan ini.

Untuk keperluan Ramadan dan Idul Fitri tahun ini, BI telah menyiapkan 2900 titik lokasi penukaran uang di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), termasuk di daerah 3T (Terdepan, Terluar, Terpencil). Penukaran uang akan berlangsung dari tanggal 13 Mei-1 Juni 2019.  Di Jakarta, lokasi penukaran uang antara lain terdapat di lapangan IRTI Monas.

Untuk memenuhi uang tunai di masyarakat selama masa Ramadan dan Idul Fitri, Bank Indonesia sudah menyiapkan Rp217,1 triliun. Selama periode 2-16 Mei 2019, realisasi uang yang dikeluarkan BI (outflow) mencapai sebesar Rp37,8 triliun atau 17,4% dari proyeksi outflow selama Ramadan/Idul Fitri 2019 (Rp217,1 triliun). Berdasarkan wilayah, realisasi tertinggi terjadi di Jawa non Kantor Pusat (KP) sebesar Rp15,0 triliun dan KP sebesar Rp9,4 triliun. Sementara berdasarkan kegiatannya, realisasi tertinggi terjadi pada penarikan bank sebesar Rp31,0 triliun dan Kas Titipan sebesar Rp6,4 triliun.

“Dengan langkah-langkah antisipatif yang dilakukan, Bank Indonesia berharap kegiatan ekonomi masyarakat pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2019 dapat berjalan dengan lancar, aman dan nyaman,” pungkas Rosmaya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00