• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Harga dan Stok Pangan di Jatim Aman Sampai Lebaran

18 May
06:08 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Pemerintah provinsi Jawa Timur, ingin memastikan bahwa stok pangan selama ramadhan, jelang hari raya, sampai pasca hari raya, tercukupi untuk kebutuhan bahan pokok. 

Hal itu disampaikan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, ketika melakukan sidak ke Pasar Keputran, Surabaya, bersama Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadis Perindag), pada Sabtu minggu pagi (18/5/2019).

"Kami ingin memastikan, bahwa stok bahan pangan di Jawa Timur, menjelang lebaran dan sampai dengan pasca lebaran nanti, Insya Alloh semuanya dalam keadaan cukup," jelasnya. 

Pemantauan stok bahan pangan tersebut, sedianya dilakukan Pemprov Jatim sejak dua minggu lalu, atau jelang ramadhan. Pihaknya juga ingin memastikan, bahwa tidak hanya stok yang aman, tetapi juga harga yang stabil. 

"Sebetulnya dua minggu yang lalu, saya cek ke beberapa pasar, yang menjadi titik pantau Badan Pusat Statistik (BPS). Ada 25 pasar di Jawa Timur, yang menjadi titik pantau BPS. Di beberapa kota, kami datang. Kami cek," tambahnya. 

Sejumlah bahan pokok yang menjadi pengawasan, antara lain, beras, gula, daging, dan telor. Dimana empat komoditas tersebut mengalami lonjakan permintaan ketika ramadhan dan jelang lebaran. 

Sementara itu, berdasarkan informasi sistem informasi ketersediaan dan perkembangan harga bahan pokok (siskaperbapo) di Jatim, antara lain:
a. Beras Bengawan Rp 11.195 per kilogram
b. Beras IR 65 Rp 9.466 per kilogram
c. Gula Rp 11.901 per kilogram
d. Daging sapi Rp 108.198 per kilogram
e. Daging ayam broiler Rp 31.856 per kilogram
f. Telor ayam Rp 22.183 per kilogram

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00