• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Pasca Impor, Harga Bawang Putih di Jatim Turun

18 May
04:03 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Harga bawang putih di pasaran mulai menunjukkan penurunan harga. Seperti yang terjadi di Pasar Keputran, Surabaya. Bawang putih di kisaran Rp 25 ribu per kilogram. 

Untuk memastikan bahwa penetrasi pasar pasca impor bawang putih menunjukkan perubahan harga, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, melakukan sidak Pasar Keputran sembari Sahur On the Road. 

Diakui Khofifah, dua minggu lalu harga bawang putih melonjak drastis mencapai Rp 60 ribu per kilogram. Namun pasca datangnya bawang putih impor pada 10 Mei lalu, mampu mengatrol turun. 

"Tanggal 12 Mei sudah mulai ada penetrasi harga bawang putih di pasar, hari ini termasuk jenis yang tervaforit, itu kisarannya ada yang 28 (ribu) kemudian ada yang lebih bagus lagi 35 ribu per kilo," katanya, Sabtu (18/5/2019).

Melalui swasta, Pemprov Jatim harus impor bawang putih. Lantaran pasokan dari dalam rupanya tidak mampu memenuhi kebutuhan masyarakat, yang menyebabkan harga melambung. Impor itu setidaknya mampu menurunkan harga. 

"Artinya ini sudah turun, dari yang dulu sempat 60 ribu kalau di Jawa Timur. Saya ingin memastikan bahwa harga bawang putih sudah mulai normal," imbuhnya. 

Sementara itu, berdasarkan informasi sistem informasi ketersediaan dan perkembangan harga bahan pokok (siskaperbapo) di Jatim, harga bawang putih tercatat Rp 32.500 per kilogram. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Berita Terbaru

   

RRI dan Diskominfo Riau Bagi-bagi Masker Kepada Masyarakat

00:00:00 / 00:00:00