• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

SDN 3 Kayuputih Sulap Sampah Plastik Jadi Kipas Angin

17 May
08:38 2019
0 Votes (0)

KBRN, Singaraja : Sampah plastik yang dikumpulkan siswa SD Negeri 3 Desa Kayuputih Kecamatan Banjar, Buleleng disulap menjadi kipas angin, sehingga seluruh kelas dan ruang guru bisa mengantisipasi udara panas di dalam ruang kelas menjadi lebih sejuk.

Setiap sekolah yang didatangi Tim Pembina Adiwiyata 2019 masalahnya cukup variatif, bahkan dalam kurun waktu dua hari sejak tim turun ke lapangan, ada yang mengejutkan dan tak lazim dilakukan sekolah pada umumnya.

Dalam pembinaan Sekolah Adiwiyata di SD Negeri 3 Desa Kayuputih Kecamatan Banjar Kamis (16/5/2019), penanganan sampah platik tidak sekadar bisa memilah milah jenis sampah. Akan tetapi sudah mampu mendaur ulang atas kerja sama dengan pihak swasta yang kesehariannya mendaur ulang sampah plastik menjadi kursi. Dalam kaitan ini seperti dituturkan wali kelas V, Kadek Edi Sutanto, S.Pd, siswanya harus melakukan proses tertentu sebelum dibarter dengan kipas angin.

“Mereka secara khusus membawa plastik untuk nantinya dikumpulkan di sekolah, untuk selanjutnya dicuci. Kemudian di areal sekolah per kelas itu nanti dijemur. Setelah kering ditumpuk, kita kemas dalam satu bag setelah itu kita jahit, menjadi minimal 7-10 karung kita barter dengan kipas,” ucapnya.   

Dukungan Kepala SDN 3 Kayuputih, Nyoman Antara cukup memberi pengaruh terhadap penanganan masalah sampah, sehingga ketika Tim Adiwiyata  mendatangi sekolah itu bisa bebas dari sampah plastik.

Berbeda dengan SMPN 2 Banjar di Dusun Tabog, setelah menerima masukan dari tim pembina Adiwiyata, malah dengan senang hati menerimanya bahkan siap untuk melaksanakan apa yang menjadi masukan tim.

Diakui Kepala SMPN 2 Banjar, Gede Sugiartha untuk sampah platik yang belum dipilah dan menjadi temuan tim di kantin sekolah lantaran kurang pengawasan. Padahal prilaku siswa untuk memilah milah sampah sudah terbukti di area kelas masing-masing. Atas masalah ini Kasek Gede Sugiartha berjanji akan mengupayakannya sehingga penanganan sampah di SMPN 2 Banjar bisa tuntas.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00