• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Aceh Dapat Penghargaan Penanganan Konflik Sosial

17 May
01:28 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Pemerintah Aceh meraih penghargaan dari Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri sebagai salah satu Provinsi terbaik Penanganan Konflik Sosial Tahun 2019. 

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Koordinator Bidang Polhukam, Jend. TNI (Purn), Wiranto didampingiMenteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo kepada Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, pada acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Terpadu Penanganan Konflik Tahun 2019 di Hotel Grand Paragon, Jakarta, Kamis, (16/5/2019).

"Peringkat 5 terbaik Penangangan Konflik Sosial Tahun 2019. Dan kita mengucapkan terima kasih kepada Kebangpol Aceh yang sudah bekerja sangat baik sehingga mendapatkan penghargaan ini," ujarnya.

Baca juga : Banda Aceh Raih WTP 11 Kali Berturut-turut

Mengangkat tema "Sinergitas Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Dalam Rangka Merekatkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa Pasca Pemilu Serantak 2019", Rakor tersebut dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Polhukam, Jend. TNI (Purn), Wiranto.

Adapun peserta rakornas terdiri dari Sekertaris Daerah Provinsi, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi, Kabinda, Karo Ops Polda, As Ops Kodam/Kasi Ops Korem, Asintel kejati, Bupati/Walikota, Kaban/Kakan Kesbangpol Kabupaten/Kota dan Kabid Wasnas dan Kesbangpol Provinsi se-Indonesia.

Baca juga : Plt Gubernur Aceh Dorong Pelaku Ekonomi Mikro Lebih Masif

Dalam pemaparannya, Wiranto mengajak seluruh elemen pemerintah untuk meredam konflik di daerah masing-masing. Gunanya agar tidak menimbulkan konflik nasional.

"Pusat dan daerah bersinergi untuk mencegah adanya indikasi atau kecenderungan atau resiko konflik sosial dengan menyelesaikan permasalahannya di tempat masing-masing," ujarnya.

Baca juga : Kemenpar Dukung Wisata Paralayang di Aceh Besar 

Sementara, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Aceh, Mahdi Effendi mengatakan, ini adalah sejarah baru bagi Provinsi Aceh. Sebab baru kali ini mendapatkan penghargaan 5 terbaik sebagai salah satu Provinsi Penanganan Konflik Sosial Tahun 2019. 

"Tentunya kita bersyukur atas capaian ini. Dari tahun ke tahun kita terus berupaya agar peringkat ini terus naik. Dari peringkat delapan hingga peringkat kelima," ujarnya.

Baca juga : Pemko Banda Aceh Edukasi Ekonomi dan Keuangan Syariah 

Pada penyerahan penghargaan ini, Kota Banda Aceh juga mendapat penghargaan dalam penanganan konflik sosial. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Walikota Banda Aceh Aminullah Usman. 

"Alhamdulillah, hari ini Banda Aceh kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Dari 514 kabupaten/kota se-Indonesia, kita yang menjadi yang terbaik dalam hal penanganan konflik sosial," kata Aminullah usai menerima penghargaan.

Baca juga : Walikota Subulussalam Dilantik 

Menurutnya, indikator penerimaan penghargaan tersebut karena Banda Aceh termasuk kota dalam kategori aman. "Tidak pernah terjadi konflik antar suku maupun agama di Banda Aceh. Dan kita juga sukses menyelenggarakan Pemilu 2019 tanpa ada gesekan," ungkapnya.

"Pak Wiranto mengatakan sangat mengapresiasi kinerja Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Banda Aceh yang dibentuk dan diketuai oleh wali kota. Kerja keras dan kerja sama tim terpadu ini berhasil menciptakan kondisi yang kondusif terutama menjelang dan pasca Pemilu."

Baca juga : ACT Targetkan 10 ribu Ton Pangan Bantu Palestina 

Kata Aminullah, penghargaan tersebut sangat berarti bagi Banda Aceh yang sedang menggenjot sektor pariwisata dan investasi.

"Seperti kita ketahui, keamanan menjadi faktor utama untuk masuknya wisatawan dan investor ke suatu daerah," ujarnya. (Rilis)

Baca juga : Kanji Rumbi, Menu Khas Berbuka Puasa di Aceh 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00