• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Lingkungan Hidup

BKSDA Resor Agam Pulangkan Buaya yang Ditemukan Warga ke Habitatnya

16 May
23:58 2019
0 Votes (0)

KBRN, Agam : Warga Jorong Durian Kapeh Nagari Tiku Utara Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam, Kamis (16/5/2019), menangkap sekor Buaya Muara (Crocodylus porosus) disekitar bendungan irigasi Sei Sirah.

Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) BKSDA Resor Agam, Ade Putra, mengatakan, sebelumnya buaya tersebut muncul dipemukiman warga pada hari Rabu malam kemaren, sekitar pukul 22.00 WIB, saat berusaha akan memangsa ternak warga.

“Buaya dengan panjang sekitar 3 meter tersebut berhasil ditangkap warga dengan menggunakan tali, yang diikatkan pada kaki dan bagian mulut,” ujarnya.

BKSDA Resor Agam yang mendapatkan informasi dari masyarakat sambung Ade Putra, langsung menuju ke lokasi, dan melakukan evakuasi satwa predator tersebut ke kantor BKSDA di Lubuk Basung.

Menurut Ade Putra, buaya tersebut dipulangkan ke habitat asalnya malam ini. Setelah dilakukan pemeriksaan, kondisi satwa predator berdasarkan observasi dinyatakan sehat dan baik

“Satwa buaya itu langsung dilepaskan di habitatnya yang lebih aman dan jauh dari aktifitas masyarakat, tanpa dilakukan rehabilitasi terlebih dahulu,” ungkapnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00