• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Catatan Ramadhan

Kedubes Jepang Gelar Buka Puasa Ramadhan Pertama Era Kekaisaran Reiwa

16 May
23:55 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Suara adzan berkumandang, ratusan orang yang menghadiri undangan berbuka puasa Ramadhan bersama di kediaman dinas Duta Besar Jepang di Jakarta, Masafumi Ishii, Kamis (16/5/2019), bergegas menuju meja-meja yang telah disusun menyajikan berbagai makanan khas negeri sakura itu.

Sushi tentunya menjadi favorit sebagian besar orang-orang yang hadir.

Tradisi buka puasa bersama dibulan Ramadhan memang merupakan agenda tahunan dari perwakilan Jepang di Indonesia.

Namun, kali ini ada yang istimewa dalam pelaksanaannya. Sebab, awal Mei ini secara resmi dimulainya era baru kekaisaran Jepang, “Reiwa”.

Itu artinya berbuka puasa bersama yang diselenggarakan oleh kedutaan besar Jepang di Jakarta merupakan pertama kalinya di era Reiwa.

Duta Besar Jepang di Jakarta, Masafumi Ishii, mengatakan, bagi Jepang momentum berbuka puasa bersama dibulan ramadhan juga sangat penting, karena tahun ini merupakan penanda dimulainya era baru “Reiwa”.

“Setiap kami menyelenggaraka Buka Puasa di kediaman saya ini dan tradisi itu istimewa sebab tahun ini menandai pertama kalinya era baru Reiwa setelah era yang lama dan sukses,”ungkap Masafumi.

Masafumi menambahkan, sehingga setidaknya terdapat dua perayaan yang dilakukan secara bersamaan pada Kamis malam.

“Jadi di sini kita bersama-sama untuk merayakan Buka Puasa dan juga merayakan Reiwa dan saya senang sekali kita bisa merayakannya bersama-sama dengan para sahabat di sini,”imbuhnya.

Berbuka puasa yang dihelat di kediaman dinas dubes Jepang, juga mengundang para pemimipin sejumlah pondok pesantren, para alumni penerima berasiswa pemerintah Jepang, hingga jajaran pemerintah Indonesia.

Turut hadir diantara para undangan tersebut yaitu ketua dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsuddin.

Din mengharapkan momentum ramadhan juga dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia-Jepang untuk semakin memperkuat hubungan diberbagai bidang.

“Kita berharap Jepang sebagai salah satu kekuatan dunia dapat memainkan peran yang aktif untuk perdamaian dunia. Saya berhadap negara kita tetap menjaga hubungannya dengan jepang secara lebih positif, dalam konteks saling menguntungkan. Undangan terhadap pimpinan pondok persantren itu sangat positif sekali,”terang Din Syamsudin.

Tradisi berbuka puasa dibulan Ramadhan dengan mengundang masyarakat Indonesia dari berbagai instansi maupun institusi, merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh kedutaan besar di Jakarta.

Meski, Islam bukan merupakan agama mayoritas di negaranya, namun menghormati momentum ramadhan dengan menjalin silaturahmi dengan muslim di Indonesia, kerap dilakukan ditiap tahunnya seperti yang menjadi tradisi di kedutaan besar Jepang untuk Indonesia.

Berbagai makanan dan minuman khas negara asalpun turut disajikan, untuk menambah kearaban dengan para tetamu undangan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00