• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Harga Sembako di Pasar Tradisional di Klaten Turun

16 May
22:15 2019
0 Votes (0)

KBRN, Klaten : Hari ke sebelas  bulan puasa, harga komuditas sembako di pasar tradisional di Klaten, Jawa Tengah, mengalami penurunan hingga sekitar  5 persen dibandingkan awal bulan puasa.

Kepala Bidang Perdagangan Disdagkop Klaten, Mursidi di sela-sela sidak harga sembako di pasar Gabus Jatinom, kepada wartawan mengatakan, menurunnya harga  sembako di pasaran karena pasokan sangat melimpah, dan diperkirakan hingga lebaran harga masih relatif rendah.

“Memasuki pertengahan bulan suci Ramadhan  harga seluruh  sembako di pasar tradisional Klaten mengalami penurunan, hal tersebut terjadi karena pasca adanya kenaikan harga yang terjadi sebelum bulan puasa atau di awal puasa kemarin,” tuturnya, Kamis (16/5/2019).

Dikatakannya, berdasarkan data di Pasar Gabus Jatinom, harga bawang putih yang semulanya mencapai Rp60 ribu per kilogramnya, saat ini hanya berkisar Rp35 ribu, harga telur ayam yang semula Rp23 ribu perkilo, turun seribu rupiah menjadi Rp22 ribu per kilogramnya.

Untuk harga ayam potong, lanjutnya, saat ini Rp29 ribu per kilogram yang  sebelumnya berkisar Rp34 ribu, dan harga gula pasir yang semula Rp13 ribu  menjadi Rp12 ribu 5 ratus rupiah perkilogram.

Lebih lanjut Mursidi menyatakan, pihaknya bersama tim akan terus melakukan pemantauan harga  sembako di sejumlah pasar tradisional di Klaten dengan tujuan agar harga sembako  tidak mengalami kenaikan, dan lainnya untuk memberikan pembinaan kepada para pedagang  agar tidak menaikan harga seenaknya sendiri.

Sementara itu, seorang pedagang sembako di Pasar Gabus, Surati berharap harga sembako tetap stabil dan standar sehingga para pedagang dan pembeli tidak binggung.

“Sama-sama enak, kalau harga sembako naik turun merepotkan pedagang maupun pembeli,” tuturnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00