• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

KPU Tarakan Siap Menerima Gugatan Dari Peserta Pemilu

16 May
22:01 2019
0 Votes (0)

KBRN, Tarakan : Ketua KPU Kota Tarakan, Nasruddin kepada Radio Republik Indonesia menyatakan siap membuka data yang dibutuhkan jika ada gugatan dari peserta pemilu 2019, yang menyatakan adanya kecurangan.

Dijelaskannya, Pasca Penetapan hasil pemilu oleh KPU RI 22 Mei 2019 nantinya, ada tahapan untuk peserta pemilu melakukan gugatan di mahkamah Konstitusi (MK), jika ada menemukan ketidak cocokan atau hal lainnya yang diamali para peserta pemilu.

"Prinsipnya, kami siap semua data - data setiap tahapan pelaksanaan pemilu kami miliki, tinggal yang mana nanti dibutuhkan akan disampaikan, misalnya ada permasalahan C1 yang dinilai bermasalah, kita siapkan dan kita bukakan data tersebut sesuai ketentuan nantinya," dikatakan Nasruddin kamis (16/5/2019) sore.

Selama ini Menurutnya, dari setiap tahapan baik pencoblosan, perhitungan surat suara di TPS, Kecamatan hingga ke Tingkat Kota, semua berjalan lancar, saksi Peserta pemilu semagat dan menerima apa yang sudah diputuskan, meskipun ada beberapa terjadi perbedaan, akhirnya dapat diselesaikan.

Selain itu menurutnya, KPU sebagai penyelenggara sudah melakukan semua tahapan, bahkan ketika pleno terbuka tingkat kota, ada salah satu saksi parpol yang mempermasalahkan ada dugaan perbedaan perolehan suara, pihaknya membawa kota suara kelokasi rekapitulasi untuk membuktikan tuduhan tersebut, sebagai bentuk transparansi dan hasilnya tidak terbukti adanya perbedaan.

"Namun perlu disadari, Keputusan KPU Kabupaten/Kota diseluruh belum final, ini baru sebatas menetapkan perolehan suaranya, masih ada tahapan untuk menetapkan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih nantinya," Ungkapnya.

Lebih lanjut menurutnya, proses penetapan jumlah kursi dan kader partai yang terpilih, semua menunggu keputusan final KPU RI dan tidak ada lagi gugatan dilakukan peserta pemilu.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00