• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Dokumen Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2019 Kabupaten Malra Siap Diplenokan di Tingkat Provinsi

16 May
20:25 2019
0 Votes (0)

KBRN, Tual : Pelaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan umum Presiden, Wakil Presiden, Anggota DPD, DPR RI, DPR Provinsi, dan DPRD Kabupaten / Kota yang berlangsung sejak tanggal 3 hingga 16 April 2019 di Kabupaten Maluku Tenggara, telah selesai dilaksanakan dengan berbagai dinamika yang melatari proses rekapitulasi.

Hal itu dikatakan Ketua KPU Kabupaten Maluku Tenggara, B. Rahman Oat ketika dikonfirmasi RRI di Kimson Hotel tempat berlangsungnya pleno rekapitulasi dimaksud, Kamis (16/5/2019).

Dijelaskan Oat, walaupun terdapat berbagai dinamika dalam proses pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tersebut, KPU Kabupaten Maluku Tenggara telah melaksanakan tahapan rekapitulasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku merujuk pada peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2019.

“jadi sesuai pasal 48 PKPU No. 4, KPU Kab / Kota berwenang mengesahkan rekapitulasi hasil dari mulai Presiden hingga DPRD Kabupaten / Kota, untuk DPRD Kabupaten / Kota sendiri, selain mengesahkan kita juga diberikan wewenang untuk menetapkan dengan menerbitkan keputusan KPU Kabupaten Maluku Tenggara berkenaan dengan hasil penghitungan perolehan suara” Kata Oat.

Ketika disinggung terkait keberatan saksi dalam proses pleno rekapitulasi penghitungan suara, oat mengatakan pada dasarnya KPU telah melakukan koreksi dan pembetulan berkenaan dengan kesalahan penulisan angka atau perbedaan data hasil.

KPU pada dasarnya merujuk pada ketentuan pasal 52, jika ada keberatan saksi maupun dari Bawaslu maka segera dilakukan pembetulan atau koreksi berkenaan dengan penulisan angka atau terjadi perbedaan data hasil.

Menurut Oat, Ada beberapa keberatan yang disampaikan kepada KPU dalam forum pleno, namun tidak didasari dengan bukti yang kuat, untuk itu KPU tidak melakukan koreksi dan pembetulan jika itu didasarkan atas kecurigaan semata.

“Seperti di Kecamatan Kei Besar, beberapa perbaikan telah dilakukan di pleno PPK, misalkan terjadi perbedaan data hasil diantara saksi peserta pemilu, dalam hal ini C1 yang berbeda itu langsung rujukannya C1 Plano, sehingga seketika juga dilakukan pembetulan” Ujar Oat.

Kurang lebih delapan saksi partai politik peserta pemilu telah menandatangani hasil penghitungan suara pemilihan umum Presiden, Wakil Presiden, Anggota DPD, DPR RI, DPR Provinsi, dan DPRD Kabupaten / Kota di Kabupaten Maluku Tenggara, dari total keseluruhan 16 partai peserta pemilu yang ada di Kabupaten Maluku Tenggara, walaupun terdapat beberapa saksi yang tidak menandatangani dokumen hasil penghitungan suara pada pemilu tahun 2019 ini, namun dokumen tersebut dianggap sah, dan selanjutnya hasil tersebut akan dibawa ke Kota Ambon dengan penerbangan Jumat (17/5/2019) pagi, untuk pleno tingkat Provinsi di Kota Ambon.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00