• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

BI Kaltim Targetkan Outflow Rupiah Ramadhan dan Idul Fitri Rp 5,3 Trilliun

16 May
19:01 2019
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda : Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia  Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menargetkan outflow rupiah pada bulan ramadhan hingga Idul Fitri 2019 mencapai Rp 5,3 triliun yang terbagi untuk 2 wilayah Perwakilan Bank Indonesia di Kaltim, yakni di Samarinda dan Balikpapan.

Di Samarinda sendiri mencakupi Kota Bontang, Kutai Kartanegara, Berau, Kutai Timur, Kutai Barat, dan Mahakam Ulu dengan sejumlah penyediaan uang sebanyak Rp 3,03 triliun. Sedangkan, Balikpapan mencakupi wilayah Penajam Paser Utara dan Kabupaten Paser dengan sebanyak  Rp 2 Triliun.

Berbicara pada Peresmian Layanan Penukaran Uang di Atrium Big Mall Samarinda, Kamis (16/5/2019) Kepala KPw BI Kaltim Muhammad Nur mengatakan tahun ini minat masyarakat terhadap rupiah lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. Tetapi dirinya memastikan ketersedian rupiah di Kas BI akan mencukupi bagi masyarakat yang ada di bumi etam.

“Target kami pengeluaran rupiah selama ramadhan dan Idul Fitri nanti sekitar Rp 5,03 trilliun yang sudah mencakupi 2 wilayah Bank Indonesia yang ada di Kaltim dan kami gak akan sebutkan berapa jumlah tersedianya rupiah di kami tetapi kami pastikan semuanya akan cukup dan aman”kata Nur.

Guna menghindari adanya praktik jual belu uang, BI memberikan pembatasan jumlah penukaran. Dimana satu orang maksimal hanya boleh menukarkan uang sebanyak Rp 3,7 juta dalam satu hari.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00