• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Kotak Suara Deli Serdang Hilang, Rekapitulasi KPU Sumut Kembali Mundur

16 May
16:48 2019
0 Votes (0)

KBRN, Medan : Rekapitulasi penghitungan dan perolehan suara Pemilu 2019 tingkat provinsi Sumatera Utara kembali diundur karena belum rampungnya rekapitulasi di dua kabupaten, yakni Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Nias Selatan. Di Kabupaten Deli Serdang, rekapitulasi terkendala karena hilangnya enam kotak suara. 

KPU Sumut sebelumnya menjadwalkan rapat pleno rekapitulasi penghitungan dan perolehan suara dua kabupaten tersebut pada Kamis (16/5/2019). Namun jadwal tersebut terpaksa diundur ke Jumat (17/5/2019) karena menunggu dua kabupaten tersebut.

Komisioner KPU Sumut, Herdensi Adnin mengakui masih ada kendala di Kabupaten Deli Serdang dan Nias Selatan sehingga rapat pleno belum dapat dilakukan. Namun pihaknya sudah meminta KPU Deli Serdang untuk mempercepat rekapitulasi agar diselesaikan malam ini.

“Belum (selesai) Deli Serdang, tinggal 9 atau 10 TPS lagi. Kita sudah minta ke mereka agar dipercepat supaya nanti malam mereka pleno di kabupaten,” kata Herdensi di Medan, Kamis (16/5/2019).

Saat disinggung terkait adanya kotak suara yang hilang di Kabupaten Deli Serdang sehingga mengganggu proses rekapitulasi, Herdensi membantahnya.

“Bukan hilang, mungkin tercecer saat dipindahkan ke GOR (Gedung Olahraga) untuk perhitungan DAA. Kemudian sebagian lagi dibaw ke gudang KPU. Mungkin ada yang tercecer masuk ke gudang itu,” ungkapnya.

Hal senada dikatakan Ketua KPU Deli Serdang, Timo Dahlia Daulay. Menurutnya, hingga kini ada empat kotak suara Kecamatan Percut Seituan yang belum ditemukan karena tercampur dengan kotak suara yang sudah selesai direkapitulasi saat proses pemindahan tempat rekapitulasi ke GOR.

“Kemarin kan ada pemindahan tempat untuk rekapitulasi, pasti repot kan mana yang sudah direkap dan mana yang belum. Jumlah kotak di Percut itu kan ada 6.250 kotak, ternyata ketika kemarin kita ambil kotak yang belum direkap, ada yang tertinggal dan itu sudah tergabung dengan kotak yang sudah terekap, ini yang sedang kita cari,” ujarnya.

Sementara untuk Kabupaten Nias Selatan (Nisel), menurut Herdensi akan dilakukan rekapitulasi ulang 32 TPS Kecamatan Toma di Kota Medan, tempat berlangsungnya rapat pleno tingkat provinsi.

“Nisel besok akan kita rekap di sini karena di sana nggak kondusif,” pungkas Herdensi.

Komisioner KPU Nias Selatan Meidanariang Hulu mengatakan, pihaknya sudah berhasil mengambil seluruh dokumen perolehan suara 32 TPS di Kecamatan Toma, mulai dari tingkat TPS hingga kecamatan, sesuai rekomendasi Bawaslu Sumut, yakni form DA1, DAA1, C1 hologram dan C1 plano. Sebelumnya komisioner KPU Nisel dihadang masyarakat Kecamatan Toma saat hendak menuju ke Teluk Dalam.

“Kemarin kita balik arah massa berkumpul di Toma. Akhirnya kita lewat Nias Tengah dan baru pagi tadi kita bias ke gudang logistic KPU Nias Selatan,” ujarnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00