• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Retakan Tanah di Majalengka, 4 Kepala Keluarga Mengungsi

16 May
16:47 2019
0 Votes (0)

KBRN, Majalengka : Tanah retak dan amblas terjadi di Lingkungan Depok, RT 002/005, Kelurahan Munjul, Kecamatan dan Kabupaten Majalengka.

Akibat kejadian tersebut, 4 Kepala Keluarga (KK) terpaksa mengungsi mengantisipasi rumahnya roboh.

Fenomena tanah retak ini membuat mereka terpaksa mengungsi ke rumah keluarga atau tetangga sekitar.

Empat keluarga yang terdampak terdiri dari empat rumah warga. Diantaranya, rumah milik Wawan Setiawan (45), Gandi (35), Irin (55) Ilah (51).

"Hari ini kita melakukan monitoring bersama dengan unsur Muspika Kecamatan Majalengka dan BPBD Majalengka, untuk mengetahui penyebab retakan tanah tersebut," ungkap Kapolres Majalengka, AKBP Mariyono, melalui Kapolsekta Majalengka, AKP Kustadi, Kamis (16/5/2019).

Menurut kapolsek, berdasarkan hasil monitoring disimpulkan bahwa pergeseran tanah yang mengakibatkan keretakan rumah tersebut, diduga akibat erosi Sungai Cijurey yang aliranya melintas di belakang pemukian warga.

"Retakan atau pergerakan tanah ini terjadi secara berturut-turut, sejak hari Senin (13/52019) hingga hari ini pun masih berlangsung terjadi pergerakan tanah," ujarnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, menurut dia, saat ini pihak pemilik rumah mengungsi ke rumah saudara atau kerabat terdekat.

"Tak ada korban jiwa pada fenomena pergerarakan tanah tersebut, namun akibat kejadian ini kerugian materil diperkirakan sekitar Rp75 jutaan," bebernya. 

Rekomendasi Berita
tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00