• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Pemegang Pass Lintas Batas Ramai-ramai Belanja Kebutuhan Lebaran di Malaysia

16 May
16:46 2019
0 Votes (0)

KBRN, Entikong : Perlintasan orang menggunakan dokumen Pass Lintas Batas (PLB) di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kabupaten Sanggau meningkat signifikan sejak memasuki bulan Ramadan.

"Dari pantauan kami, masyarakat perbatasan Sanggau yang menggunakan PLB cukup banyak. Ada peningkatan yang signifikan sejak awal Ramadan kemarin," ungkap Kepala Kantor Imigrasi Entikong, Herri Prihatin, Kamis (16/5/2019).

Herri mengatakan, sejak memasuki Ramadan perlintasan orang menggunakan PLB antara 200 sampai 300 orang perhari. Sedangkan sebelum bulan Ramadan, warga perbatasan pemegang PLB yang menyeberang ke Malaysia hanya 50 sampai 75 orang perhari.

Dikatakan, dari laporan dan dokumen yang dipergunakan, pemegang PLB itu menyeberang ke Malaysia untuk berbelanja kebutuhan puasa dan lebaran di Tebedu, Malaysia. Diungkapkan, biasanya warga pengguna PLB tersebut pergi pagi, kemudian kembali ke Indonesia lagi pada siang atau sore harinya.

"Mereka rata-rata hanya di Tebedu, belanja untuk keperluan lebaran. Mereka pergi sehari saja, tidak ada yang menginap. Pergi pagi, siang atau sore sudah kembali lagi," kata Herri.

Ia menyampaikan, pelayanan kepada pemegang PLB tidak ada bedanya dengan pengguna dokumen yang lain. Herri menambahkan, fasilitas PLB cukup banyak peminatnya sebab layanan khusus bagi masyarakat perbatasan RI-Malaysia itu digratiskan.

"PLB itu karena nol Rupiah jadi warga Indonesia di perbatasan Entikong dan Sekayam banyak yang menyenanginya," pungkas dia.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00