• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Pasar Murah di Padang Diserbu Masyarakat

16 May
15:28 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang : Pasar murah semarak Ramadan ke X tahun 1440 H yang digelar oleh Baznas Kota Padang bekerjasama dengan Dinas Perdagangan Kota Padang sangat diminati masyarakat. Dari hasil pantauan RRI di lapangan hingga kemarin, kegiatan pasar murah yang digelar di halaman Masjid Nurul Iman Padang tersebut ramai dikunjungi masyarakat.

Pasar murah diisi oleh distributor makan dan minuman serta UMKM binaan dari Baznas Kota Padang. Kegiatan ini berlangsung selama 10 hari, mulai tanggal 15 hingga 25 Mei 2019. Lokasinya bergiliran di 11 kecamatan. Barang kebutuhan yang dijual, harganya di bawah harga pasar.

Ketua Baznas Kota Padang, Episantoso mengatakan, pasar murah diperuntukan bagi masyarakat yang kurang mampu di Kota Padang.  Pihaknya menyiapkan 30 ribu voucher, satu voucher dinilai seharga 150 ribu rupiah.  Total anggaaran untuk kegiatan Semarak Ramadan ke X sebesar 4,5 Miliyar rupiah.

“kita distribusikan ke 30 ribu rumah tangga miskin di Kota Padang.Total anggaran 4,5 Miliyar rupiah, namun tidak tertutup untuk masyarakat umum,“ujar Episantoso.

Terkait dengan barang yang di jual oleh para distributor dan  UMKM, Episantoso  menjelaskan, sudah mendapatkan sertikasi halal dan lolos uji dari Dinas Kesehatan.

“memang untuk makanan UMKM kita ada dua syarat yang harus dimilikinya yakni sudah dapat izin dari Dinas Kesehatan dan mengantongi sertifikasi halal,”terang Episantoso.

Sementara itu Salah seorang pedagang rajutan, Ibu Yet mengatakan, selama mengisi pasar murah, dagangannya cukup laris.

“saya buat rajutan seperti dompet, tas, kantong hand phone dan lain-lainnya. Biasanya satu jenis dapat di selesaikan satu hari,”ujar Yet.

Yet berharap, kegiatan serupa pasar murah tidak hanya digelar ketika Ramadan, namun juga dilaksanakan dibulan lainnya, sehingga dirinya bisa ikut berjualan keliling untuk mengumpulkan rejeki.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00