• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Jokowi Ajak Menag Bahas Lebih Lanjut Soal Perpres Zakat ASN

16 May
15:26 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Presiden Joko Widodo mengajak Menteri Agama dan Ketua Badan Amil Zakat Nasional untuk diskusi lebih lanjut terkait Peraturan Presiden (Perpres) bagi ASN mengenai pembayaran zakat melalui Baznas. Kepala Negara mengatakan, jika memang sudah waktunya, maka Menag diminta segera menghadapnya untuk membahas lebih lanjut.

Presiden Joko Widodo menunaikan pembayaran zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bersama dengan sejumlah menteri di Kabinet Kerja, di Istana Negara pada Kamis (16/5/2019). Dalam kesempatan tersebut, Presiden bayar zakat mal sebesar Rp 55 juta, naik Rp 5 juta bila dibandingkan dengan tahun lalu, yang sebesar Rp 50 juta. 

Tampak beberapa menteri yang turut pula bayar zakat di Istana Negara diantaranya Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Kapolri Jend Polisi Tito Karnavian. 

Dalam sambutannya, Jokowi berujar bahwa potensi zakat yang besar dapat menjadi pillar penguatan keuangan syariah. Untuk itu, Jokowi memberi usulan kepada Menteri Agama dan Ketua Badan Amil Zakat Nasional terkait Perpres bagi ASN mengenai pembayaran zakat melalui Baznas. Kepala Negara mengatakan, jika memang sudah waktunya, maka Menag diminta segera menghadapnya untuk membahas lebih lanjut. 

"Yang terakhir, Saya mengajak para muzaki untuk memberikan zakat melalui Baznas, dan saya juga usul Pak Ketua, Pak Menteri Agama apakah sudah waktunya untuk dibuatkan Perpres bagi ASN. Kalau dianggap sudah perlu, dorong ke meja saya, tergantung Pak Menteri Agama," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bambang Sudibyo mengatakan, bahwa meningkatkan jumlah penerimaan zakat menjadi sangat penting karena potensinya dapat dimanfaatkan untuk peningkatan kesejahteraan rakyat.

"Oleh karena itu menjadi sangat penting untuk memperbesar jumlah zakat yang berhasil dikumpulkan. Terkait dgn itu, informasi yang kami peroleh, Bapak Menag telah menulis surat kepada Presiden tentang permohonan inisiatif Peraturan Presiden tentang zakat Aparatur Negara," ujar Ketua Baznas.  

Kepala Negara dalam kesempatan tersebut juga mengajak kepada para muzaki untuk menyalurkan zakatnya melalui Baznas agar dapat disalurkan kepada para pihak yang membutuhkan secara tepat sasaran. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00