• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Baznas Padang Targetkan Zakat Rp 32 Milliar

16 May
15:24 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang : Badan Amil Zakat Nasional-Baznas Kota Padang, menargetkan pencapaian pengumpulan Zakat tahun 2019 sebesar Rp32 Milliar.

Ketua Baznas Kota Padang Episantoso kepada RRI mengatakan, pencapaian tersebut saat ini dengan komposisi dari 18 Milyar rupiah dari Aparatur Sipil Negara dan 12 Miliar lagi dari pihak ketiga.

Untuk memenuhi target tersebut, Baznas Kota Padang akan memperbanyak terbentuknya Unit Pengumpulan Zakat-UPZ lembaga diluar lembaga-lembaga yang didirikan oleh Pemerintah Kota Padang.

"Alhamdullah dua bulan ini kita sudah punya, 15 UPZ lembaga termasuk Kodim, di bulan ramadan ini Baznas Kota Padang akan berusaha UPZ Kapolresta Padang juga terbentuk,”ujar Episantoso disela-sela kegiatan Semarak Ramadan 1440 H di Masjid Nurul Iman Padang, Kamis (16/05/2019).

Episantoso menjelaskan, beberapa Unit Pengumpulan Zakat-UPZ lembaga yang sudah menyerahkan Zakatnya ke Baznas Kota Padang secara rutin setiap bulannya yakni PDAM Padang, dan BPJS. Sementara itu pihaknya juga akan mendekati beberapa lembaga lembaga lain yang secara vertikal berada di Kota Padang untuk membentuk UPZ lembaga.

Langkah selanjutnya Episantoso menjelaskan, pihaknya akan berusaha mendekati komunitas – komunitas para pedagang di Kota Padang.

“kita akan coba dekati pedagang di Kota Padang ini, seperti pedagang emas, beras dan lain-lainnya. Ini potensi zakatnya sangat luar biasa.  biasanya para pedagang ini kalau berzakat pasti dibawa ke kampungnya,” harap Episantoso.

Episantoso menambahkan, pengumpulan zakat di bulan ramadan 1440 H ini, zakat dari ASN sudah tercapai, sementara itu dari pihak ketiga akan ditargetkan sebesar 3 Milyar selama bulan ramadan ini.

“Dari hasil laporan para pengumpul zakat kita dilapangan hingga kemarin sudah terkumpul sekitar 1,2 Milyar rupiah," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00