• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Waspada Penyakit Cacar Monyet Dinkes Tolitoli Lakukan Penyuluhan

16 May
13:26 2019
0 Votes (0)

KBRN,Tolitoli:Meskipun  hingga   saat   ini   belum ada   laporan  warga   tolitoli   yang  terjangkit virus cacar  monyet,namun demikian   dinas  kesehatan kabupaten tolitoli   tetap  melakukan   langkah   pencegahan   sesuai   himbauan  kementerian kesehatan RI kesemua   dinas  kesehatan  di  seluruh tanah  air    salah satunya   dengan  melakukan  penyuluhan     tentang  penyakit  menular ini   agar   masyarakat   dapat  melakukan  pencegahan   dini.

Kepala   bidang  pengendalian penyakit  P2  Dinas  kesehatan tolitoli  Nurhayati  skm mkes kepada  RRI  Mengatakan ,Sebagai   daerah yang   terbuka   dengan   mobilitas   masyarakat    dari dan ke   tolitoli   baik  melalui   akses   transportasi  laut ,darat   dan udara   Tolitoli  juga   rawan  terhadap  penularan  penyakit   ini   sehingga   kewaspadaan terus  di lakukan   dengan  membangun kerja  sama  petugas  kantor  kesehatan  pelabuhan  KKP  baik di pelabuhan  laut maupun udara.

"Meskipun  penyakit  cacar  monyet  belum   di   temukan  di indonesia dan  tolitoli   namun demikian  kewaspadaan masyarakat  juga perlu di  tingkatkan  dengan menghindari  kontank  langsung  dengan  binatang  seperti  monyet,tikus dan  tupai  yang di  sinyalir  sebagai  pembawa  virus  ini," Kata  Nurhayati  Kamis (16/5/2019).

Kabid  P2  Dinas  kesehatan tolitoli   ini  mengatakan  Dari situs WHO diketahui masa inkubasi penyakit ini  antara 6-16 hari, tetapi dapat pula berlangsung lebih lama yaitu 5-21 hari. Mereka yang terjangkit virus cacar monyet akan merasakan beberapa gejala, antara lain demam, sakit kepala, pembengkakan kelenjar, sakit punggung, nyeri otot  dan rasa tidak berenergi .

Ruam kulit  bagian wajah dan menyebar ke bagian tubuh lain, Sejauh ini belum ada pengobatan khusus atau vaksinasi yang tersedia untuk mencegah cacar monyet, Pengobatan yang ada cenderung lebih bersifat untuk meringankan penderita seperti meningkatkan asupan gizi dan nutrisi tambahan, serta menjaga keseimbangan konsumsi cairan dalam tubuh.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00