• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Kalbar Belum Ditemukan Laporan Kasus Cacar Monyet

16 May
14:56 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pontianak: Dinas Kesehatan (Dinkes) Propinsi Kalimantan Barat hingga kini belum menerima adanya laporan mengenai Kasus Cacar Monyet yang di temukan di Singapura, baik di Batam, Riau maupun di Kalbar sendiri. Kendati demikian, dalam upaya pencegahan dini, masyarakat di himbau untuk tetap menjaga kesehatan diri dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan menjaga kesehatan lingkungan.

Selain itu, bagi jajaran kesehatan maupun fasilitas kesehatan juga di minta untuk masif mensosialisasikan kepada masyarakat akan dampak dari Cacar Monyet tersebut.

“Dengan kewaspadaan dini tersebut, tentu akan sangat membantu masyarakat, apabila menemukan contoh Kasus Cacar Monyet di Kalbar. Dengan demikian, tahapan pencegahan dapat di ketahui  sedini mungkin apa yang akan dilakukan,” jelas Kepala Dinkes Kalbar Harry Agung Tjahjadi dalam keterangan persnya Kamis (16/05/2019).

Kadinkes Kalbar Harry Agung Tjahjadi menuturkan, dengan informasi mengenai wabah Cacar Monyet yang cukup viral di media sosial, jajaran Kementrian Kesehatan RI langsung menginstruksikan jajaran dibawah untuk gencar mensosialisasikan kepada masyarakat melalui Dinas Kesehatan Propinsi Kabupaten kota di Indonesia dan masing-masing Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) serta Rumah Sakit.

“Khusunya di Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), melakukan penyebaran informasi seluruh jajaran kesehatan propinsi, kabupaten, kota serta KKP. Setiap jajaran kesehatan harus siap,” tegasnya.

Lebih lanjut, Harry mengatakan, dalam hal Emerging Deases atau wabah yang bersifat kedaruratan, pihaknya dari jajaran kesehatan harus selalu siap memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam situasi terburuk sekalipun.

“Kaitannya dengan penyakit wabah bersifat kedaruratan seperti ini, jajaran kesehatan harus siap,” pungkasnya. (Syahrul)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00